"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Kamis, 23 April 2015

TNI AU Lanud Malang Gelar Latihan Di Notohadinegoro

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pasukan Pangkalan TNI AU Lanud Abdulrachman Saleh, Malang Kamis pagi (23/4) menggelar Latihan Operasi di Bandar Udara Notohadinegoro. Latihan diberi nama Latihan Operasi Garuda Perkasa.

Latiah ini melibatkan 1.300 anggoa Lanud Abd. Rachman Saleh yang terdiri dari Batalyon Komando 464 Paskhas dan Derasemen Matra. Dilengkapi dengan 1unit pesawat intai C-212-Cesa, 2 unit pesawat angkut berat C-130 Hercules dan 4 unit pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tukano. Latihan disaksikan secara langsung oleh Komandan Lanud Abd. Rachman Saleh  Marsma TNI Sungkono dan didampingi oleh Bupati Jember MZA Djalal.

Langit Jember pagi itu dipenuhi oleh puluhan penerjun payung yang diterjungkan dari pesawat hercules. Latihan yang baru pertama kali dilaksanakan di Jember ini mensimulasikan operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara Notohadinegoro, Jember.

Operasi diawali dengan penerjunan pasukan  Pengendali Tempur (Dalpur) yang akan menyiapkan dropping zone. Kemudian disusul manuver-manuver tempur dari pesaawt Super Tucano yang mensimulasi melakukan serangan udara.Diakhiri dengan penerjunan puluhan pasukan  dari Skadron Udara 32. Penerjunan ini dilakukan dari pesawat hercules yang terbang rendah sekitar 1000 feet dari permukaan tanah.

Danlanud Abd. Rachman Saleh Marsma TNI Sungkono menyampaikan bahwa latihan ini dilakukan untuk mempersiapkan pasukan agar selalu siap dengan tugas yang diberikan negara kepada para prajurit. Bandar Udara Notohadinegoro sengaja dipilih sebagai tempat latihan karena merupakan obyek vital yang perlu diantisiapsi apabila terjadi masalah yang kemunkinan timbul di Bandar Udara Notohadinegoro.

“Kita gunakan sarana di Jember ini agar ita bisa menskenariokan gerakan  sayap kanan bersenjata ini yang bergerak di area Jawa Timur bagian Selatan sudah bisa kita antisipasi” tegas Danlanud.

Sementara Bupati Jember menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Bandar Udara Notohadinegoro sebagai bagian dari Latihan Operasi dari Pangkalan TNI AU Lanud Abd. Rachman Saleh.  Djalal berharap dengan adanya latihan yang mendapat sambutan meriah dari masyarakat Jember ini dapat menggugah semagat generasi muda Jember.

“Semoga akan timbul cita-cita dari pelajar dan generasi muda untuk menjadi bagian dari TNI” harap Bupati. Pada kesempatan ini, Djalal juga menyampaikan akan adanya pos Detasemen  AU di Jember. Hal ini akan dibicarakan lebih lanjut dengan pihak TNI AU. (*)

Berita Terkait Politik dan Hukum

Tidak ada komentar: