"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, August 31, 2015

Tips Memilih Hewan Korban Yang sehat

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Jika anda ingin membeli sapi untuk ibadah kurban, tentu harus sesuai ketentuan dalam syariat islam. Diantaranya, telah cukup umur yang ditandai dengan tanggalnya gigi sapi, sehat dan tidak cacat.

Nah, lantas bagaimana jika yang awam tentang sapi tapi ingin membeli hewan kurban yang sesuai dengan syariat? Terutama kondisi sapi yang sehat. Berikut ciri-ciri sapi sehat menurut Hsan Basri, salah seorang pedagang sapi kurban di Jalan Raya Mangli, Kecamatan Kaliwates, Jember.

Pedagang sapi yang telah 30 tahun menekuni bidangnya itu mengatakan, salah satu tanda jika sapi itu sehat adalah dilihat dari cara makan dan minumnya. Jika hewan memamah biak ini lahap ketika menyantap makanannya dan terlihat suka sekali minum, maka bisa disimpulkan jika sapi itu sehat.

“Karena jika kondisi fisik luar seperti tubuh dan organ tubuh sapi kan bisa dilihat dari kondisi fisik. Seperti gemuk tidaknya sapi, atau ada luka yang terbuka dibagian tubuh sapi dan juga cacat atau tidaknya. Namun untuk mengetahui apakah sapi itu dalam keadaan sehat atau sakit, ya dengan cara memberi makan dan minum itu. Jika suka sekali makan dan minumnya, berarti itu sapi yang sehat,” ujarnya.

Tips ini juga dia bagi kepada setiap konsumen yang membeli hewan kurban dilapak miliknya. Sebab, rata-rata pembeli yang menjadi pelanggannya adalah pegawai kantoran yang belum pernah berurusan dengan hewan mamalia tersebut. “Setiap ada konsumen pasti saya beri tahu, sebab mereka rata-rata pegawai, agar tak kecewa setelah membeli hewan kurban ke saya,” katanya. (ruz)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: