"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, December 7, 2015

Belasan Warga Jember Belum Terima Pemberitahuan Pilkada

Jember,  MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah warga Balung, belum terima surat pemberitahuan memilih atau formulir C6 pada memilih dalam Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Jember Rabo, 9 Desember 2015.

"Ada sebelas orang yang mengadu, padahal dalam pemilu sebelumnya mereka mendapatkannya,  salah satu diantara sebelas pemilih tersebut adalah Suja’i warga Jalan Madura desa setempat," Demikian  kata Ketua RT 4 RW 3 Dusun Karang Anyar, Desa Balung Lor, Junaidi, Senin (7/12).

Ketua RT 4 Rw 7 Dusun Krajan, Desa Balung Lor, Sukaji menuturkan, sejumlah nama yang sebelumnya diusulkan dicoret masih muncul dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). yaitu warga yang telah meninggal. “Ada juga warga saya, sekitar sepuluh orang yang belum mendapat formulir C6, karena tak tercatat di DPT,” tuturnya.

Sukaji menduga, sejumlah nama warganya yang tak terdaftar di DPT itu, tercatat pada DPT di Tempat Pemungutan Suara (TPS) lain yang masih berada dalam satu desa. “Inikan DPT TPS 20, bisa jadi warga saya yang tidak terdaftar itu tercatat di TPS lain di lain dusun,” ucapnya.

Selain itu, Sukaji juga menemukan nama-nama warga yang tak diketahui sebagai warga yang tinggal di lingkungannya namun terdaftar di DPT. Untuk itu, Sukaji menahan formulir bagi nama-nama pemilih yang ditengarai fiktif itu kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa.

Menurut Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Balung, Hafid, ada dua kemungkinan warga tak terima formulir C6.  Pertama, karena memang tak terdaftar dalam DPT. Sedangkan yang kedua, petugas yang menyampaikan formulir C6 itu belum mendatangi rumah pemilih, karena proses pembagiannya masih berjalan.  

“Waktunya kan tiga hari, sejak tanggal 6 Desember hingga 8 Desember besok,” terangnya. Kendati demikian, Hafid memastikan, bagi pemilih yang belum menerima formulir C6 masih bisa menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan kartu identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK). (ruz)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: