"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, December 17, 2015

Dosen FKIP UNEJ Ahmad Taufik Terpilih Ketua IKA PMII Jember

Kiri Ketua Terpilh Ahmad Tahfik, Nurul Gufrondan & Muhammad Muslim
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Muncul empat kandidat Ketua yang akan meramaikan  Musyawarah Daerah (Musda) Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA-PMII) kabupaten Jember, Kamis (17/12) di Hotel Royal.

Selain Rektor Universitas Jember Mohammad Hasan, kandidat kuat lainnya yakni dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember Ahmad Taufik, pegawai Kemenag Jember Muhammad Muslim, serta komisioner KPU JemberAhmad hanafi.

Karena mempunyai nilai strategis tersebut membuat beberapa kader alumni PMII muncul. “Banyak kader-kader alumni PMII yang duduk di birokrasi, institusi pendidikan, maupun institusi lain yang ingin menjadi bagian di dalam IKAPAMII Jember,” tuturnya.

“Musyawarah daerah Saat ini berbeda dengan sebelumnya, karena nilai strategis IKA PMII ke depan lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Baik secara politik, sosial, maupun secara akademik,” ujar Adzkiyak, panitia pelaksana Musda IKA PMII Jember.

Mengenai mekanisme pemilihan, Adzkiyak mengatakan, telah diatur dalam tata tertib persidangan dan tata tertib pemilihan ketua IKA PMII. ”Semua alumni memiliki hak pilih dan hak dipilih. Mekanisme yang demokratis ini bisa menjadi dasar bagi membangun kelembagaan IKA PMII kedepan,” tegasnya.

Dijelaskannya, dalam musda ini mengusung konsep menggali nilai-nilai moral etika dalam konteks kebangsaan. “Kami ingin memulai bahwa musda ini bagian dari kekuatan alternatif untuk mengusung nilai-nilai etika dan moral,” tuturnya. 

Sejumlah nama yang disebut, mengerucut tiga nama. Dua nama, Muhammd Hasan tak bersedia karena kesebukannya sebagai rektor Unej sementara Ahmad Hanafi yang juga komisioner KPU batal mencalonkan, karena sedang melakukan rekapitulasi suara cabub Jember. sedangkan satu nama baru muncul saat musda berlangsung.

Ketiga nama itu adalah, dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember Ahmad Taufik dan pegawai Kemenag Jember Muhammad Muslim, dan satu nama baru  yang muncul yaitu Dekan Fakultas Hukum Universitas Jember, Nurul Gufron.

Dalam Musda ke 5, IKA PMII, akhirnya Ahmad Taufik, terpilih sebagai Ketua Umum IKA PMII yang baru menggantikan Sutomo yang telah paripurna masa jabatannya, pada tahun ini. melalui votting, mengungguli dua kandidat kuat lainnya, Muhamad Muslim dan Nurul Gufron.

Ahmad Taufik terpilih dengan perolehan 41 suara, diurutan berikutnya Muhamad Muslim dengan 29 suara, dan Nurul Gufron 20 suara.  Ahmad Taufik usai pemilihan menyatakan akan melakukan konsolidasi. “Langkah pertama adalah konsolidasi dengan berbagai lini,” ujar dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.  

Diakuinya, selama satu periode IKA PMII tidak berjalan. Karenanya, ia akan meningkatkan kapasitas kelembagaan. Pemuda asal Lamongan ini menginginkan IKA PMII menjadi mesin pemberdayaan. “IKA PMII ini memiliki kekuatan untuk memainkan politik etis dan teruji kekuatannya,” ujar mantan Ketua PC PMII Jember ini. (ruz)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: