"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Thursday, March 31, 2016

Jember Miliki Potensi Industri Kreatif Besar

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kabupaten Jember Jawa Timur mempunyai potensi kerajinan tangan, yang bila dikelola dengan manajemen yang baik akan bisa menjadi industri ekonomi kreatif rumah tangga, yang besar.

salah satunya kerajinan bambu di Desa Nogosari. Ketersediaan barang, pelatihan bagi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pemasaran harus jadi perhatian. Sayangnya banyak pembuatan kerajinan yang justru tidak memakai.produknya sendiri.

Bupati Jember dr.Hj.Faida, MMR mengunjungi kerajinan anyaman bambu di Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kamis (31/3). Menurut Bupati Jember dr Faida potensi bambu di Jember begitu melimpah, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai kerajinan yang bernilai ekonomis oleh masyarakat.

“Potensi kerajinan tangan ini bila dikelola dengan baik bisa menjadi industri ekonomi kreatif besar. Kerajinan anyaman bambu ini sangat murah dijual, mulai dari Harga 25 ribu sampai dengan kisaran tertinggi 75 ribu. Dengan berbagai variasi kerajinan, seperti bakul nasi, tempat buah dan sayur, tempat tisu, hingga topi anyaman bambu,” ucap Bupati Jember dr Faida.

Bupati Jember dr Faida melihat langsung serta mengunjungi proses pembuatan kerajinan anyaman bambu rumahan binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jember. Pembuatan anyaman bambu yang masih tergolong sangat manual dan tradisional yang dilakukan di masing-masing rumah warga ini.

“Saya minta langsung kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bapak Mirfano agar ketersediaan bahan baku barang dan pelatihan pemasaran hasil kerajinan masyarakat tersebut harus jadi perhatian khusus bagi Dinas Koperasi,” imbuh Bupati Jember dr Faida dihadapan pengrajin.

Bupati Faida sendiri juga sangat menyayangkan jika banyak hasil kerajinan ini yang justru tidak dipakai oleh masyarakat sendiri malah dipakai oleh daerah lain, “Dukung terus gerakan cinta produk lokal dengan memakai dan membelinya,” pungkas Bupati Jember dr Faida. (midd)

Berita Terkait Industri

No comments: