"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Friday, August 12, 2016

Syaiful Kusmandani Terpilih Sebagai Ketua IJTI Tapal Kuda

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Syaiful Kusmandani, terpilih sebagai ketua Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) Tapalkuda pereode 2016=2019 dalam Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) yang digelar Jumat (12/8)  di Jember.

Digelarnnya Musdalub ini lantaran Syamsul Choiri, ketua terpilih pada Musdalub Periode 2015-2018 yang digelar 22 Februari di Jember tahun lalu meninggal dunia, Selasa 5 Juli 2016 di Rumah Sakit Darma Husada, Probolinggo karena menderita sakit.

Sementara terpilihnya almarhum Syamsul Choiri, Kontributor  TV One, dalam Musdalub, menggantikan kontributor RCTI, Ahmad Hanafi hasil pemilihan pada tahun 2013 di Banyuwangi, lantaran yang bersangkutan mengundurkan diri karena menjabat anggota KPUD kabupaten Jember

Menurut Ketua IJTI yang membawahi jurnalis televisi di lima kabupaten yang meliputi Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi ini untuk menjalankan roda organisasinya, dalam waktu dekat, dirinya akan menekankan upaya konsolidasi anggota antar daerah terlibih dahulu.

“Ke depan, bangunan komunikasi antar anggota IJTI akan dikokohkan kembali. Langkah ini tentunya untuk membangun soliditas organisasi,” katanya, sesaat usai terpilih sebagai ketua IJTI dalam Forum  Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) IJTI Tapal Kuda di Hotel Royal Jember, Jum’at (12/8).

Menurut dia, selama ini IJTI Tapal Kuda dinilai oleh anggotanya terlalu Jember sentris, sehingga menimbulkan miss komunikasi antar anggota. Dampaknya, agenda organisasi tak terlaksana dengan baik. “Tapi bukan berarti yang kemarin tidak baik, kedepan akan lebih dimaksimalkan,” ujarnya.

Jurnalis Telivisi Tran 7 ini  terpilih setelah mengalahkan dua kandidat lainnya, yakni Kumbang Ari dan Rio Christiawan. Syaiful mendapat suara mayoritas dengan perolehan 34 suara dari 49 suara yang dinyatakan sah. Sementara Kumbang Ari mendapat 12 suara, sedangkan Rio Christiawan  mendapat perolehan 3 suara.

Musdalub IJTI Tapal Kuda ini digelar, lantaran ketua sebelumnya Samsul Choiri meninggal dunia, sehingga sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) orgnasisasi, kekosongan kepemimpinan tersebut harus segera terisi dengan mekanisme Musdalub.

Ketua Panitia Musdalub IJTI Tapal Kuda, Mahfudz Sunarjie menyebut, pelaksanaan Musdalub kali ini diikuti oleh 50 peserta dari 19 Media Televisi Lokal, Nasional serta Televisi jaringan Internasional. “Meski persiapannya hanya dua minggu, tapi Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan lancar,” tuturnya.

Kendati begitu, dinamika saat pelaksanaan tetap terjadi, yaitu mengenai status peserta dan anggota sah yang diakui oleh IJTI. Sejumlah peserta sempat keluar ruangan, karena merasa aspirasinya tak diakomodir oleh panitia.

Suasana kembali kondusif, ketika forum menyepakati seluruh peserta yang hadir memiliki hak suara guna untuk memilih kandidatnya. “Dalam tatib (tata tertib) prinsipnya mengakomodir seluruh peserta. Terlepas dia anggota atau belum,” katanya. (ruz/eros)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: