Selamat Hariraya Idul Fitri 2017 "Minal Aidin Walfaizin", Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Custom Search

Selasa, 14 Maret 2017

Aris, Penyampai Informasi RAPI Jember Yang Terlupakan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Aris (41), relawan Pekerja Sosial asal desa / kecamatan Panti yang satu ini patut diacungi jempol. Didikasinya dalam mengabdikan diri untuk mengawal kegiatan yang membutuhkan pengawasan 24 jam tak dapat diragukan lagi.

Panti merupakan desa yang berada dalam status waspada bencana alam, seperti longsor, banjir bandang dan angin puting beliung. “Kemauan menolong sesama dan gotong-royong amat diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut”. Ujarnya saat ditemui di rumahnya di desa Pakis Selasa (14/3).

Untuk mewujudkan tekadnya membantu sesama, Pekerja Sosial Masyarakat kelahiran Jember ini memutuskan masuk menjadi anggota RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) area Jember 07, dimana di bawah organisasi ini, masyarakat bisa berbagi informasi menggunakan gelombang radio pendek.

"Penggunaan gelombang radio cepat dan efisien dibanding frekwensi via satelit. Terutama di Desa / Kecamatan Panti dimana sinyal hape masih lemah. “Jadi ketika terjadi bencana, anggota RAPI bisa langsung cepat menyampaikan informasi ke pihak-pihak yang memang kompeten tanggap bencana". Jelanya.

Berbekal satu pesawat radio transmisi jarak pendek serta alat penguat sinyal sederhana ini, ia bisa menjangkau beberapa desa di sekitarnya.Tugas berat sebagai koordinator dan pemantau debit tinggi air sungai menjadi sesuatu yang muskhil dilakukan. Tetapi ia hanya menjawab singkat "keihlasan” itu saja.

Terbatasnya fasilitas tak jadi penghalang bagi pribadi yang berjuang dan mengabdi, jika dilandasi keikhlasn bisa menjadi pelecut semangat pantang menyerah. Semangat saja juga tidak cukup, harus juga disertai profesional, dukungan moral, materiil dan kesadaran yang tinggi, agar asa tetap terjaga. Pungkasnya. (eros/mis).

Berita Terkait Profil

Tidak ada komentar: