"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Sabtu, 15 April 2017

Ribuan Pelamar Serbu Bursa Kerja DI SMK 05 Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bursa Kerja Khusus (BKK) Job Fair yang digelar selama seharian penuh yang digelar pada Sabtu (15/4) di halaman sekolah di SMK PGRI 05 Jember, diserbu ribuan pencari kerja.

Agenda rutin yang duselenggarakan setiap tahun tersebut dimaksudkan untuk memberi akses bagi lulusan SMK se-derajat. Pada tahun ini, ada sekitar 1.300 hingga 1.500 tenaga yang dibutuhkan yang diikuti oleh 25 perusahaan di Jawa Timur.

“Sejumlah perusahaan yang mengikuti kegiatan ini  rata-rata perusahan ritel, seperti swalayan dan toko berjaringan. Tapi ada juga yang membuka lowongan untuk kerja di luar negeri,” kata Kepala Sekolah SMK PGRI 05 Jember, Saiful Anwar

Total pelamar sekitar 2.000 dari sekolah setempat dan Jember bagian selatan, bahkan Kabupaten Lumajang dan lulusan perguruan tinggi. “Ada pelamar yang diinterview dan dinyatakan lulus ditempat. Tapi ada juga yang wawancaranya di perusahaan. Itu tergantung kebijakan perusahaan masing-masing,” tuturnya. 

Sejumlah perusahaan memaparkan profil dan lowongan yang dibuka, sehingga para calon pelamar dapat memilih sesuai keahliannya. “Saya sangat terbantu dengan dibukanya Job Fair disini, sehingga saya tidak usah kesana-kemari,” ujar Esther Megantharry, salah seorang pelamar.

Tampak para pelamar, sembari menunggu antrian, duduk lesehan di teras sekolah, ada pula yang sedanga mengisi formulir dan menyiapkan berkas. “Semoga saya diterima pada perusahaan yang saya pilih tadi. Jadi setelah lulus, tidak lama-lama menganggur,” tutur pelajar yang baru akan lulus tersebut.

Salah seorang alumni SMK PGRI 05 Jember, Ayu Intansari, mengaku ingin mencari kerja lebih baik. Selama ini, dia bekerja pada perusahaan jasa di bidang penjualan tiket kapal dan pesawat terbang.
“Saya tadi ikut melamar ke toko waralaba. Saya ingin mencari pekerjaan yang lebih baik,” Pungkasnya. (ruz)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

Tidak ada komentar: