Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan Marhaban Ya Ramadhan"
Custom Search

Selasa, 09 Mei 2017

Bekali Angkatan Kerja, Kemkominfo Gelar Pelatihan Sertifikasi

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Guna mempersiapkan tenaga kerja professional, handal dan mampu bersaing menghadapi MEA, sejak 2015, Kemkominfo RI gelar pelatihan Sertifikasi Nasional Berbasis SKKNI.

Pasalnya pemberi kerja kini tidak hanya membutuhkan ilmu pengetahuan semata, tetapi juga harus dibuktikan dengan Sertifikasi Kompetensi, seperti programmer atau website. Kagiatan bareng BNSP dan kominfa ini untuk memberi bekal kepada para angkatan muda kerja.

Kegiatan selama tiga hari sejak Selasa-Kamis 9-11 Mei 2017, ini diikuti 75 peserta dari Jember sekitarnya. Demikian kata Kepala Pusat Pengembangan Literasi dan Profesi Sumber Daya Manusia Informatika Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), DR Ir Hedi M.Idris, MSc di Jember Selasa (9/5).

Menurut Hedi, Rumusan kemampuan melalui Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas dan syarat jabatan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk itu semua SMK diundang dan mensosialisasikan pendaftaranya melalui online. Kegiatan Sertifikasi Kompetensi ini diikuti oleh lulusan SMK, DI, DII, DIII maupun SI di bidang informatika. “Semuanya ditanggung oleh negara melalui APBN dan peserta tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis,” imbuhnya.

Menurut Hedi bahwa yang diuji dalam sertifikasi ini adalah bidang informatika yang merupakan bidang yang banyak diminta oleh dunia kerja saat ini. “Melalui kegiatan sertifikasi ini, diharapkan peserta dapat meningkatkan sikap Profesionalisme,” katanya.

Peluang kerja bidang ini sangat besar, sekitar 300 ribu lulusan siap kerja setiap tahunnya, kesempatan kerja 350 ribuan. “Ada 50 ribu lebih selisih, antara yang dibutuhkan dunia industry dengan lulusan yang ada. Jadi kami berupaya memberikan solusi menjembatani kondisi tersebut,” tuturnya.

Kedepan Kemkominfo mengupayakan pendidikan SMK atau Perguruan Tinggi selain dapat ijasah juga Sertifikasi Kompetensi. Dalam setahun menargetkan 12 ribu orang di 34 Propinsi dan 600 Kabupaten/Kota, agar mereka mudah dalam mencari kerja dan tidak tersisih dengan lainnya,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Infokom Kabupaten Jember Sri Laksmi. Mantan Asisten III ini berharap kedepan pihaknya dapat menyelnggarakan secara rutin agar kesempatan bekerja bagi pencari kerja dapat lebih banyak dan mengurangi angka pe gangguran.

Salah satu peserta Syaiful Anwar (21) asal Situbondo merasa senang mengikuti acara ini. “Alhamdulillah mas, saya senang ada acara ini. Kita dapat terbantu kalau melamar pekerjaan, sudah ada Sertifikasi Kompetenasi selain ijasah, peluang diterima kerja lebih besar,” Ucapnya. (midd)

Berita Terkait Industri

Tidak ada komentar: