"Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.", "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72.","Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke 72."
Custom Search

Minggu, 18 Juni 2017

Pesantren Genre, Inovasi Kreatif Tangkal Kenakalan Remaja

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Komunitas muda-mudi yang tergabung dalam Insan Generasi Berencana Sabtu-Minggu (17-18/6) menggelar Pesantren Insan Generasi Berencana (Genre) di aula Rambipuji.

Kegiatan ini merupakan kegiatan inovasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja Genre Rambipuji. “Kegiatan ini inovasi dari PIKR Kecamatan Rambipuji kak, jadi kami memfasilitasi agar para remaja dapat menggunakan waktunya dengan kegiatan positif,” Demikian kata Ketua Genre, Devi Martadinata. Sabtu (17/6)

PIK R Kecamatan Rambipuji merupakan PIK R unggulan yang ada di Kabupaten Jember. “PIK R Kecamatan Rambipuji ini sering menjuarai kejuaraan di tingkat Propinsi Jawa Timur kak,” ujar mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember semester VI ini.

Devi menambahkan bahwa kegiatan Pesantrean Genre bertema Yuk Berburu Lailatul Qadar dilatarbelakangi untuk melakukan kegiatan positif dan kreatif serta mencari berkah di bulan suci Ramadhan. Selain itu Devi menjelaskan bahwa kegiatan Pesantrean Genre diisi dengan aneka ragam kegiatan.

“Mulai dari khatam Al Qur an dalam 3 jam, menonton film tentang remaja islam masa kini dan ditambahkan penyuluhan dan informasi tentang Genre yang mempunyai tiga tugas utama yakni pendewasaan usia perkawinan, pencegahan napza, dan kesehatan reproduksi remaja,” imbuhnya.

Generasi Berencana lanjut Devi adalah suatu program untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, freesex atau pernikahan dini serta menyiapkan remaja agar matang dalam berkeluarga.“Harapannya teman-teman remaja tersebut melakukan perbuatan positif dan dapat mengambil hikmah Ramdhan,” ucapnya.

Salah satu peserta Annas Rizqi Mubarok, Pesantren Genre telah memberi gambaran nyata bahwa Jember masih memiliki generasi harapan bangsa. “Kegiatan sengaja digelar malam Minggu, agar waktu yang biasanya habis hanya untuk nongkrong dijalan, kini bisa lebih bermanfaat” kata mahasiswa Polije. (midd)

Berita Terkait Pendidikan

Tidak ada komentar: