"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Wednesday, July 19, 2017

Imigrasi Jember Melayani Pemohon Paspor Yang Prosedural

Jember, MAJLAH-GEMPUR.Com. Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II A Kabupaten Jember Jawa Timur menegaskan bahwa hanya yang sudah sesuai prosedurlah, permohonan paspor yang akan dilayani.

Jika persyaratannya permohonan paspor lengkap, pasti akan dilayani. “Namun jika masih ada kekurangan, apalagi ada persoalan hukum, terpaksa kami tolak” Demikian diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II A Jember, Rudiara rahmad kosasi saat rilis di kantornya, Rabo (19/7)

Rudiara mencontohkan bahwa semua permohonan Paspor calon jamaah haji (CJH), terbesar ke 2 se Jawa Timur semua bisa diselesaikan. “Mayoritas permintaan paspor Calon Jamaah haji sebanyak 519, telah kami disetujui, hanya 4 paspor CJH yang dibatalkan, lantaran meninggal dunia” Katanya.

Sementara pemohon paspor TKI non prosedural, yang ditolak karena persyaratan belum terpenuhi, sekitar 334 orang. “Pemohon yang paling banyak di 4 kabupaten, yaitu Banyuwangi, Jember dan lumajang,  “Jember malang mungkin diangap lebih jauh sehingga pemohon lebih banyak ke Jember” Katanya.

Untuk itu Kamin membantah adanya pemberitaan, terkait adanya isu pungutan liar (Pungli) di lembaganya.  “Berita Itu tidak benar dan menyudutkan, kami menegaskan bahwa bagi pemohon paspor itu sudah sesuai prosedur dan melibatkan instansi terkait”. Tegasnya.

Bantahan juga disampaikan terkait adanya pemanggilan Dirjen Imigrasian atas persoalan tersebut.  “Jika ada temuan, mestinya dikonfirmasi hulu, sehingga tidak muncul berita negatif, dan tidak menimbulkan sebuah fitnah, kami selaku kanin Jember  juga tidak pernah dipanggil oleh dirjen ke imigrasian” Lanjutnya.

Dalam kesempatan itu Kanim juga berharap para pemohon harus bisa menunjukkan bukti diri, seperti identitas yang jelas, “kebanyakan ada juga identitas tidak sama. Untuk pengurusan ketenagakerjaan, ke depan petugas kantor imigrasi akan melakukan pelayanan di kantor disnaker. (eros)

Berita Terkait Politik dan Hukum

1 comment:

Unknown said...

Mohon petunjuk untuk pengurus an pasport calon jamaah umroh, dan apa saja persyaratan nya, terima Kasih