"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Monday, October 23, 2017

Penanganan Disabilitas Situbondo Perlu Kerja Bersama

Stubondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Penangangan kesejahteraan sosial penyandang disabilitas merupakan permasalahan cukup rumit, memerlukan kerjasama dan koordinasi dari semua pihak.

 Untuk itu Dinas Sosial, melakukan sosialisasi pelayanan penanganan penyandang disabilitas, eks trauma dan Kejiwaan, pasalnya penyandang Disabilitas mempunyai kedudukan, hak, kewajiban dan peran yang sama dengan warga Negara Indonesia lainnya untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

Keikutsertaan dan  peningkatan peran disabilitas dalam pembangunan ekonomi dan memperoleh pendidikan dan kemudahan dalam Aksebilitas adalah bagian dari upaya Pemerintah meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas. Ungkap Kepala dinas Sosial Situbondo, H.Lutfi Joko Prihatin SH M.Hum Senin, (23/10).

“Untuk itu Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo selalu melibatkan kepolisian, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan lainnya, agar memberitahukan kepada mereka bahwa Situbondo sudah ramah terhadap para disabilitas, penyandang cacat,” Jelasnya.

Pelayanan dan Rehabilitasi disabilitas suatu proses Perlindungan, Pemulihan dan Pemeliharaan kesejahteraannya, diharapkan mereka yang kurang beruntung ini dapat memperoleh hak-hak dasarnya untuk tumbuh berkembang dan berprestasi dalam kegiatan kemasyarakatan maupun pembangunan.

Namun demikian, upaya perlindungan saja belumlah memadai, dengan jumlah penyandang disabilitas yang terus meningkat masih diperlukan sarana dan upaya lain terutama dengan penyediaan sarana untuk memperoleh kesamaan kesempatan bagi penyandang disabilitas dalam segala aspek kehidupan.

Sebemarnya ada dua Program layanan pemerindah bagi Penyandang Disabilitas yaitu pelayanan luar panti dan dalam panti. Kedua program ini berjalan secara beriringan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Penyandang Disabilitas itu sendiri”, Jelasnya.

Namun Dinsos Situbondo  sampai saat ini  belum memiliki panti yang khusus, sehingga untuk kepentingan ini masih kesulitan. “Kita belum punya panti, ataupun rumah singgah, namun kita akan maksimal membantu penyandang disabilitas," pungkasnya. (Edo)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: