"Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017","Selamat Hari Pahlwan Republik Indonesia Tahun 2017"
Custom Search

Sunday, 3 December 2017

Peringati Maulid Nabi, Warga Jember Gelar Wayang Kulit

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat yang beragama Islam bukan hanya di Indonesia, tapi diseluruh dunia.

Sudah menjadi hal yang biasa penghormatan mayoritas ummat Muslim kepada Nabi, dilakukan dengan nyelenggarakan pengajian atau Sholawatan. Hal berbeda dilakukan warga dusun Banjarejo Barat Desa Sumber Agung Kecamatan Sumber Baru ini, memperingati Maulid dengan menggelar wayang kulit.

Menurut Jamilun ketua Panitia,  memperingati Maulid dengan menggelar Wayang kulit selain sebagai ungkapan kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW juga dalam rangka melestarikan dan mengembangkan Kebudayaan Asli Indonesia.

"Seni tradisi wayang adalah kebudayaan asli indonesia, wayang ini adalah seni tradisi yang digunakan oleh para wali untuk mendakwahkan atau mensiarkan agama islam yang harus kita dilestarikan," ungkapnya disela sela acara berlangsung Minggu (03/12/2017) dini hari.

Ratusan Warga tampak memadati lokasi, hingga tempat duduk tidak tercukupi.Antusias ini lantaran, Ki Dalang adalah seorang anak muda yang masih duduk dibangku sekolah, yakni Nauval farhan, siswa Kelas XI (2) SMA 2 Tanggul, demikian juga kerawitan Sanggar Semud Dawa berasal dari siswa dan siswi SMA 2 Tanggul.

"Kami sangat kagum dan salut kepada anak anak muda atau siswa siswi, karena jarang dijaman sekarang ini anak muda yang mau dengan Seni tradisi kuno ini hebat hebat dja jempol untuk  mereka," ungkap Ahmad salah satu warga yang menonton. (Yond)

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: