Translate

Iklan

Iklan

Pendampingan Pertanian Kodim Jember Terbilang Sukses

2/23/18, 15:47 WIB Last Updated 2018-02-23T09:23:54Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ketahanan pangan nasional melalui pendampingan pertanian terus jadi perhatian Kodim 0824 Jember, hal ini mempedomani MoU Kementrian Pertanian dan TNI AD.

Pendampingan pertanian  terus dilakukan jajaran Kodim 0824, koramil hingga Babinsa bersama Petugas Penyuluh Lapang (PPL) selaku pelaksananya. Menurut Perwira Seksi Teritorial Kodim 0824 Jember Kapten Arm M Ismuni program ini guna menunjang terwujudnya ketahanan pangan nasional.

“Dari hasil laporan jajaran telah dihimpun perkembangan progres data pendampingan pertanian untuk Kabupaten Jember hingga saat ini dimana untuk Luas Tambah Tanam (LTT) hingga Minggu III Pebruari 2018 mencapai 4.756 Ha”, jelasnya Jumat (23/2/2018).

Untuk estimasi rencana panen Minggu- IV Bulan Pebruari 2018 menurutnaya sekitar 2.199 ha, dengan indek pertanaman 1,94 pada musim tanam I (Oktober 2017- Maret 2018) dengan produksi diperkirakan dalam taksiran rendah 7 ton/Ha dan taksiran tertinggi 10 ton/Ha.

Kemudian untuk penyediaan sarana dan prasarana pendukung seperti pupuk sesuai Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK) di musim tanam –I ini NPK 29.429 ton, sedangkan Urea sebanyak 3.174 ton dan hal ini sesuai dengan kesepakatan dan kebutuhan petani  dengan penyedia pupuk bersubsidi tersebut.

Dari hasil pendampingan, pengawasan dan pengecekkan stock hingga saat ini masih relatif aman dalam arti tidak ada penyalahgunaan  dan dapat memenuhi untuk kebutuhan petani di Kabupaten Jember hingga habisnya musim tanam I ini.      

Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyampaikan terima kasih pada jajarannya yang melaksanakan pendampingan dengan baik, “Hingga kini tidak ada kendala signifikan,  kami berharap produksi pertanian Jember ini akan meningkat pada musim panen Maret 2018 nanti” katanya.

Data tersebut merupakan hasil laporan dari jajaran Kodim 0824 yang dihimpun oleh Staf Teritorial, disamping dapat dijadikan sebagai bahan informasi kepada masyarakat hal tersebut juga sebagai wujud pertanggungjawaban kita TNI dalam Hal ini Kodim 0824 sebagai pelaksana pendampingan tersebut.

Terlepas prestasi Juara I Kodim 0824 Jember atas serapan Gabah Petani Tingkat Nasional, saya berharap anggota tetap bekerja optimal guna terwujudnya kemantapan ketahanan pangan nasional, kalau kita tulus dan ikhlas prestasi tersebut pasti akan kita dapatkan kembali”, Pungkasnya. (eros/sis24).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pendampingan Pertanian Kodim Jember Terbilang Sukses

Terkini

Close x