"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Saturday, 12 May 2018

Aiesec Jember Dorong Pemuda Kuasai TIK Untuk Memajukan Daerah


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Para pemuda berbagai kampus yang tergabung dalam AIESEC Jember dorong pemuda manfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam memajukan daerahnya.

Pasalnya TIK terbukti sangat efektif untuk membuka kesempatan untuk membuka diri, sekaligus merintis  peluang memasarkan potensi di daerah. Untuk itu Perkumpulan yang didominasi kalangan mahasiswa ini terus mendidik  para muda-mudi menjadi pelaku ekonomi yang handal.

“Jember ini memiliki banyak mall, hotel dan kawasan wisata, industri kreatif, dan potensi pertanian. Peluang inilah yang akan kita garap” Demikian kata Ketua AIESEC UNEJ Maulfa Ahandini usai membuka Youth Speak Forum di Aula Fisip Universitas Negeri Jember, Sabtu (12/5/2018).

Salah satu yang akan dilakukan di era digital ini, lanjutnya  diantaranya dengan mendidik para pemuda mengusai TIK. “Jual beli usaha dan promosi dapat dilakukan secara on line, sebagai bentuk kontribusi kepada bangsa dan negaranya dan daerahnya, para pemuda dituntut untuk mengembangkannya”. Jelasnya.

Hal tersebut dibenarkan Gus 2015 Axcel Giovanni, salah-satunya bidang kepariwisataan Jember berkembang sangat pesat , tidak hanya dikenal di tingkat nasional hingga mancanegara. “Mulai wisata alam, buatan, kuliner, olahraga, religi, dan JFC yang dinobatkan sebagai Karnaval terbesar ke empat dunia,” urainya.

Hal itu berdampak positif pada perputaran ekonomi mulai dari hunian hotel, restoran, depot maupun pegang kaki lima. “Termasuk sinergi berbagai pihak yang menunjang unsur pariwisata mulai dari biro perjalanan, penginapan, kuliner, pusat oleh-oleh, serta atraksi wisata yang ditawarkan,” ucapnya.

Sementara Vice Presiden AIESEC Indonesia Ryan D Pakpahan, AIESEC dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. “Pada tahun 2017 ada 888 yang mengaply, dan berkembang menjadi 24 ribu zply, program yang mangajukan dan yang terpilih menjadi ratusan setelah melalui beberapa tahapan tes,” paparnya.

Untuk membentuk enterpreneur handal, lanjut  Ryan AIESEC mendidik ratusan muda, bahkan telah mengirim delegasi terpilih untuk magang di luar negeri beberapa bulan hingga satu tahun. “Saat kembali ke Indoneia dapat memberikan ilmu yang diperoleh dari luar negeri agar bermanfaat untuk masyarakat Indonesia”.

Dalam kegiatan ini akan dipilih  3 kelompok deligasi melalui workshop, satu kelompok yang terpilih  akan diikutkan dalam  pelatihan selama 4 minggu di Jakarta. “Workshop dibagi tiga kelas, kelas pertama membahas tentang pertanian, kelas kedua perdagangan dan yang ketiga pariwisata”, pungkasnya. (eros).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: