"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Monday, 11 June 2018

Awak Bus Antar Kota dan Provinsi di Jember di Tes Urine

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Jamin kelancaran dan keselamatan penumpang angkutan lebaran, Polres Jember gelar tes urine sopir Bus Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP).

Tes Urine ini untuk memastikan kru armada tidak dalam kondisi mengosumsi Okerbaya dan narkoba dan menjamin kelancaran angkutan lebaran dan penumpang selamat sampai tujuan.  Demkian kata Kapolres Jember AKBP. Kusworo Wibowo SH. Sik. MH di Terminal Tawang alun Jember Senin (11/6/2018).

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Polres dengan Dirjen perhubungan Propinsi Jawa Timur Wilayah Jember dan instansi terkait, dan dihadiri Wakopolres Kompol Bagus Ikhwan Kristian SIK. MH dan Kasat Satlantas Polres Jember AKP. Prianggo M. P. SH. SIK. dan Satnarkoba AKP. Miftahul Huda,

"Kami dari tim gabungan melakukan tes urine ini dengan tujuan sebagai kontrol terkait masalah sopir yang akan melakukan tugasnya mengantarkan para penumpang menyambut mudik lebaran Hariraya Idul Fitri 2018," ujar Kasat Lantas AKP. Prianggo M.P. SH. SIK.

Sementara menurut Wakapolres Kompol Bagus Ichwan Christian bahwa kegiatan sudah menjadi agenda rutin tiap tahunan. "Hal yang kami prioritaskan terhadap angkutan meliputi kelayakan dan kelengkapan dan Keselamatan selama berkendara, yakni meliputi rem, alat pecah kaca dan beberapa alat lainya." Jelasnya.

Hal senada disampaikan Kasat Narkoba AKP. Miftahul Huda, kegiatan ini agar para sopir tidak di bawah kendali narkoba “Sebab akan sangat membahayakan keselamatan penumpang maupun pengedaranya, dan para sopir ini bisa membawa penumpang dengan nyaman dan selamat sampai tujuan," tambahnya

Teknis yang digunakan untuk Tes urine ini dilakukan di terminal kedatangan. Sopir yang bus nya datang, langsung disuruh turun untuk kemudian menjalani tes urine.  Para sopir ini diberi sebuah wadah untuk menampung urinenya.

Urine ini di tes dengan alat yang cepat dan bisa mendeteksi urine mengandung narkoba atau tidak. "Ada beberapa sopir yang sudah kami tes. Untuk sementara tak ada yang positif mengandung narkoba, Kegiatan ini akan rutin kami lakukan baik saat menjelang lebaran ini maupun paska lebaran. 

Gelar tes urine direspon antusias oleh para sopir dan kondektur Perusahaan Otobus (PO). Salah satu sopir Bus , menyambut baik kegiatan ini. Kegiatan tes urine sangat penting untuk mendeteksi sopir nakal yang mungkin saja menjadi pengguna narkoba.(edw).

Berita Terkait Kesehatan

No comments: