"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 7 November 2018

Prajurit Raider 509 Balawara Yudha Jember Berlatih Ketangkasan Menembak

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Batalyon Infanteri Raider 509/Balawara Yudha Jember, gelar latihan menembak senjata ringan (Latbakjatri) di lapangan Tembak Zuber, Markas Batalyon Sukorejo.

Dalam latihan ketangkasan menembak Komandan Yonif Raider 509/BY Kostrad Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, Lettu inf Ryan Krisna Gusma Putra S.S.T. Han Sip selaku Pasintel dan diawasi pelatih tembak Kopda Junaidi tampak para prajurit berlatih menggunakan  senjata api jenis laras panjang SS2- V4.

Para personel berlatih dengan senjata laras panjang, dengan amunisi tajam kaliber 5,56 mm, dengan berbagai posisi dengan jarak 100 meter dalam tiga sikap yaitu tiarap, duduk dan berdiri. Demikian ungkap  Komandan Yonif Raider 509/BY Kostrad Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin,  di Sela-sela latihan Rabu (7/11/2018).

“Untuk senapan laras panjang, prajurit diasah kemampuan menembaknya dari jarak 100 meter, Setiap senjata diisi dengan amunisi sebanya 20 butir peluru tajam, latihan tersebut merupakan giat berkala yang diagenda rutin di TNI AD setiap tri wulan”, jelasnya Komandan Yonif Raider 509 ini.

Tujuannya untuk meningkatkan profesionalisme kemampuan menembak prajurit baik senjata api jenis pistol maupun laras panjang. “Latbakjatri wajib diikuti prajurit, Karena keterbatasan alat dan tempat, maka kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran,"lanjutnya.

Menurutnya, setiap prajurit berkewajiban memelihara kemampuannya dalam hal menembak menggunakan senjata api. Jika tidak, kata dia, dikhawatirkan membuat kemampuan menembak prajurit tersebut akan turun karena kaku yang bisa berakibat fatal.

untuk menunjang tugas agar tetap prima, stamina prajurit juga dilatih yaitu lari pagi dan siang, kemudian bela diri militer yongmoodo, berenang di kolam renang Barata Yudha. "Dengan tujuan agar prajurit kita tetap terpelihara jasmani dan jiwanya, bisa menunjang tugas pokok satuan”, katanya.

Selebihnya menurutnya juga dilakukan latihan ketangkasan Pasrofing dan Refling, yaitu dengan melatih prajurit raider turun dari heli dengan sarana tali dan tastrofing, dalam persiapan latihan pemantapan Raider di Banyuwangi." pungkas  Komandan yang akrap disapa La Ode ini. (edw).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: