Translate

Iklan

Iklan

GEMPUR GELAR PELATIHAN "Menejemen Organisasi" Untuk Santri Assuniyah Kencong

1/26/08, 15:00 WIB Last Updated 2013-04-28T14:11:36Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Krisis moneter pada tahun 1998 berimplikasi besar terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat, bahkan sampai pada tarap yang sangat memprihatinkan. Hal ini tidaklah mungkin bisa diselesaikan hanya mengandalkan pemerintah dan aparat saja melainkan harus ada partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam membangun bangsa ini baik Partai Politik, Organisai Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun masyarakat itu sendiri termasuk pondok pesantren. 

 
Sumbangsih pondok pesantren dalam membangun moral bangsa ini tidak dapat diragukan lagi. Disamping hal tersebut sebenarnya pesantren juga mempunyai potensi besar dalam rangka mendidik santri dalam membantu menyelesaikan persoalan bangsa ini. Disamping dibekali ilmu keagamaan, sudah saatnyalah santri juga dibekali ilmu tentang berorganisasi sehingga setelah terjun kemasyarakat nanti disamping dapat menyelesaikan masalah keagamaan juga mempunyai kepedulian terhadap persoalan sosial kemasyarakatan.

Demikian disampaikan ketua umum Gerakan Masyarakat Peduli Nusantara (Gempur) KH. Ahmad Fahin Jauhari usai pelatihan menejement organisasi lanjutan untuk santri (15/1) di Pondok Pesantren Assuniyah Kencong. Kegiatan yang dilaksanakan Minggu–Selasa (13-15/1) tersebut diikuti 30 peserta dari perwakilan organisasi santri Assuniyah antara lain HIMSAS, OSIS (Santri; red), JHAMAS, GASAK, IKSBB, dan perwakilan organisasi santri Assuniyah lainnya.


Lebih lanjut Gus Fahim (panggilan akrap KH. Ahmad Fahim Jauhari; red) yang juga kakak kandung KH. Ahmad Sadid Jauhari menambahkan bahwa disamping melaksanakan kegiatan pelatihan untuk santri, di bulan Pebruari juga melaksanakan pelatiahan Analisa Sosial, Advokasi, Investigasi untuk perwakilan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Kepemudaan (OKP), Organisasi Tani, , kelompok perempuan dan Kelompok Masyarakat (Pokmas).

Sedangkan pada awal Maret nanti akan melaksanakan sarasehan sehari yang diikuti oleh peserta dari pelatiahn Menejemen organisasi santri dan peserta pelatiahan Analisa Sosial, Advokasi, Investigasi serta beberapa lembaga lain yang peduli terhadap persoalan sosial kemasyarakatan.

Kegiatan yang diselengarakan Gerakan Masyarakat Peduli Nusantara (Gempur) sebagai bentuk kepedulian lembaganya terhadap persoalan bangsa. Untuk itu Gus Fahim yang juga aktifis Serikat Petani Indonesia (SPI) yang pernah ke Eropa dan Hongkong tersebut memfasilitasi kegiatan ini semata-mata hanya untuk penguatan kapasitas lembaga dan masyarakat di Jember khususnya dan di Jawa Timur pada umumnya.

Beberapa pelatihan dengan pendekatan organizational Capasity Assessment (OCA) melalui Intitusional Bulding (Pembangunan Institusi) diharapkan agar lembaga dan masyarakat nantinya dapat berperan aktif dan mampu menjadi motifator dalam pembangunan ditingkatan masing-masing. (eros)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • GEMPUR GELAR PELATIHAN "Menejemen Organisasi" Untuk Santri Assuniyah Kencong

Terkini

Close x