Translate

Iklan

Iklan

Bila Rimba, Tanam Sejuta Pohon, Longsor dan Pemanasan Global dapat diantisipasi

12/18/08, 19:00 WIB Last Updated 2013-04-28T13:01:20Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bersama Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Jember dan Alam Hijau, RIMBA ADVENTURE melaksanakan penghijauan di Desa/kecamatan Silo. Dalam kegiatan ini diserahkan lebih dari 60 ribu bibit pohon kelapa kepada masyarakat.

Acara penghijauan yang digelar Kamis, (18/12) dan digagas RIMBA ADVENTURE ini diawali dengan hiburan-hiburan rakyat, diskusi dan tanya jawab anatara penyelenggara dengan puluhan masyarakat sekitar hutan. Secara simbolis, bantuan bibit diberikan kepada perwakilan masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Petani Sido Rukun PPSR Desa/ Kecamatan Silo.

”Kelapa adalah tanaman yang teruji, dapat tumbuh dalam keadaan apapun. Hasilnyapun dapat dimanfaatkan, mulai dari tempurung, sabut, lidi, serta batangnya. Kegiatan ini selain bermanfaat secara ekonomis juga berorientasi kepada  konservasi sumberdaya alam untuk menjamin kelestarian dan keberlanjutan fungsi sumberdaya alam dengan pendekatan komprehensif dan terpadu”,  Tegas Sekjen RIMBA ADVENTURE, Endy Martha Nagara,SH

Program kelestarian lingkungan hidup, namun masih belum dapat mengatasi berbagai masalah, bahkan malah terjadi benturan antar wewenang, baik vertikal maupun horisontal. Selain itu, timbul pula masalah sosial. Kepentingan pemerintah benturan dengan masyarakat. Hal ini lantaran tidak ada koordinasi. Jika semua fikak mau bersatu, kami yakin bencana alam, banjir dan tanah longsor secara bertahap akan mampu diantisipasi oleh masyarakat bersama pemerintah. Tuturnya.

Selain sebagai ajang silahturahmi, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengantisipasi, efek pemanasan global, secara bertahap oleh masyarakat bersama dengan pemerintah daerah. Program penanaman sejuta pohon ini juga sebagai upaya mengalihkan penjarahan hutan dan menggantinya dengan kegiatan merawat, melestarikan dan mengelola hasil penghijauan pohon produksi yang nantinya berguna menumbuhkan ekonomi produktif masyarakat sekitar pinggiran hutan,” tandas Endy

Dengan gerakan menaman sejuta pohon secara bertahap (on track-red) diwilayah-wilayah yang perlu untuk direhabilitasi untuk dikembalikan kondisi hijau seperti semula (back to nature-red),” tutur Endy saat diwawancarai GEMPUR di sela-sela acara penghijauan.

RIMBA ADVENTURE yang Kelahiran bertepatan dengan peringatan Hari Bumi 22 April 2008 di Rembangan merupakan organisasi (wadah kegiatan sosial) relawan kemasyarakatan independen dan terbuka. Rimbawan ini terdiri dari relawan pencinta alam, automotif sport, LSM, tokoh masyarakat, pemuda,  profesional muda, akademisi, ulama, santri, jurnalis, pengusaha, buruh dan pekerja swasta  yang bergerak sebagai penyaluran minat dan kepedulian sosial yang mengarah pada keberpihakan terhadap kelangsungan dan kelestarian lingkungan hidup di seluruh wilayah Jatim umumnya dan di kabupaten Jember pada khususnya. (eros)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bila Rimba, Tanam Sejuta Pohon, Longsor dan Pemanasan Global dapat diantisipasi

Terkini

Close x