Translate

Iklan

Iklan

SEKAB SUGIARTO; PRODUKSI PADI ( GABAH ) DI JEMBER MENURUNAN

5/18/11, 19:45 WIB Last Updated 2013-12-08T18:18:33Z
Produksi padi di Kabupaten Jember mengalami penuruna, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebelumnya petani mampu memproduksi 880.750 ton gabah giling kering. Namun saat ini hanya mampu memproduksi gabah setara dengan 534.100 ton beras.


Jember merupakan lumbung pangan, bahkan merupakan pemasok kedua terbesar produksi padi di Jawa Timur. karena petani nya lebih mengutamakan tanaman pangan seperti padi, jagung, kedelai. bahkan produksi tanaman padi Kabupaten Jember pada tahun 2010, mampu mencapai 845.95 ton gabah kering giling
 
Penurunan produksi tersebut akibat serangan organisme penganggu tanaman sebagai dampak perubahan iklim ekstrim yang selama ini kita rasakan. Selain penurunan produksi, petani juga di hadapkan dengan persoalan klasik, harga penjualan tidak sesuai harapan. Hal ini dikekwatirkan akan berdampak terhadap lemahnya ketahanan pangan. Untuk itu unsusr unsur yang terlibat harus menyikapinya. Demikian disampaiakn Sekkab Jember, Sugiarto, SH, mewakili Pj. Bupati Jember, Drs. Zarkasih, saat Panen raya padi yang bekerja sama dengan PT Petrokimia di desa Sabrang kecamatan Ambulu

Dalam acara yang di hadiri oleh Direktur Utama, PT. Petrokimia Grasik, Ketua DPRD, Pejabat SKPD, Ka. Bulog, Camat, KTNA, HKTI, PPL, Kelompok tani, dan perguruan tinggi. Sugiarto menyampaikan apresiasi positif atas kepedulian produsen pupuk nasional PT Petrokimia Gresik ini, sehingga nantinya petani diharapkan mampu menghasilkan gabah yang lebih baik dan berkualitas.

Menurut Dirut PT Petrokimia Gresik, Ir.Hidayat bahwa Panen raya Demplot penggunaan Phonska dan petroganik merupakan salah satu wujud untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian sekaligus perbaikan kesuburan tanah. maka dengan mengembangkan pupuk majemuk NPK Phonska diharapkan dapat lebih unggul hasil produktifitas produksi pertanian.

Oleh karena itu Petrokimia menyampaikan penghargaan kepada seluruh petani Jember karena dari hamparan lebih kurang 700 hektar sebagian besar sudah menerapkan pemupukan berimbang dengan menggunakan pupuk phonska dan petroganik. rata rata hasil produksi padi sudah di atas produksi di Jawa Timur.

Melihat kenyataan tersebut, Kepala Dinas Tanaman Pangan pertanian Jember, Ir.Hari Wijayadi, optimis target produksi 900 ribu ton tahun ini akan terpenuhi “Kami melihat hasil produksi menimal 9 ton perhektar dan insakllah tahun ini target peroduksi kabupaten Jember masuk artinya bisa mendekati 900.000 ribu ton dengan”. (Mc/Humas/Satrio)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • SEKAB SUGIARTO; PRODUKSI PADI ( GABAH ) DI JEMBER MENURUNAN

Terkini

Close x