Translate

Iklan

Iklan

Antisipasi Banjir, UPT Kencong dan Masyarakat Tinggikan “Tanggul” Tangkis Sungai

12/06/13, 18:28 WIB Last Updated 2013-12-06T13:04:27Z
Situasi warga saat kerja bakti di salah-satu titik
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sekitar seratus warga di delapan titik bantaran kali Dusun Sidonganti Kraton Kencong sekitar pukul 06.30 bersama UPT Pengairan dan Kasun ikut gotong-royong tinggikan tanggul sungai.


Pasalnya sungai tersebut sering meluber saat debeit airnya tinggi hingga menyebabkan banjir saat intensitas curah hujan tinggi. Sungai yang arusnya deras ini, bikin warga sekitar resah apalagi saat hujan tiba. Untuk itu mereka mengambil inisiatif dan bergotong-royong meninggikan tanggul sekitr 50 CM dengan memakai tanah yang diisi dalam sak.

Karena selain warga takut daerah nya terendam banjir lagi, seperti yang dialaminya beberapa bulan yang lalu. Bahkan beberapa orang di delapan titik luberan saat itu pernah kehilangan harta benda.

Dari delapan titik rawan luberan tersebut menurut Kasun Parman bahwa dalam setiap titik itu ada yang berjarak 20-30 meter, jadi pihak nya dan warga pun harus meninggikan ke delapan titik tersebut meskipun memakai alat seadanya agar bencana yang tidak diharapkan bisa terhindar.

“Warga yang ikut kerja bakti pun sangat antusias, diapun iklas bahu membahu meningikan tanggul bersama warga lain yang mempunyai misi sama agar desa nya tidak terkena banjir lagi seperti tahun lalu” Ungkap Ikwan salah satu warga yang juga ikut kerja bakti

Kepala UPT pengairan Kencong Susmiadi saat di tanya wartawan "Saya sangat bangga, warga mau peduli dan rela meluangkan waktu untuk meninggikan tangkis tanggul kali, pada bulan ini intensitas curah hujan sangat tinggi apabila air laut juga pasang, apalagi jika debit air sungai naik, alamat mas, ke delapan titik bisa jebol lagi. tuturnya

Akan tetapi dengan kita bersama-sama meninggikan titik rawan luberan ini semoga saja bisa mengantisipasi dan terhindar dari banjir dan meluber nya air ke perkampungan" pungkas nya. (rud)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Antisipasi Banjir, UPT Kencong dan Masyarakat Tinggikan “Tanggul” Tangkis Sungai

Terkini

Close x