Translate

Iklan

Iklan

Universitas Jember Krim Relawan Bencana Kelud

2/18/14, 19:50 WIB Last Updated 2014-02-19T19:26:53Z
Jember, Masalah-Gempur.Com. Meletusnya Gunung Kelud menarik simpati Universitas Jember. Kepedulian itu diwujudkan dengan memberangkatkan 10 relawan, yang terdiri 7 orang tim kesehatan dan 3 orang tim trauma healing,

Sebelumnya Universitas Jember (unej) telah memberangkan satu tim untuk melakukan kajian dampak bencana. Tim ini melakukan survei mengenai kebutuhan yang diperlukan para korban. Berdasarkan data itu kemudian Universitas Jember memutuskan untuk mengirimkan tim kesehatan dan tim trauma healing Selasa (18/02).

Mereka ditugaskan di posko pengungsian. Pembantu Rektor III, Moh. Saleh, mengatakan, relawan yang dikirimkan Universirtas Jember rencananya akan berada di lokasi pengungsian korban letusan Gunung Kelud. Lama tugas relawan ini selama sepuluh hari.

Menurutnya mereka akan bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. “Di sana mereka akan bekerja sebagai tenaga kesehatan dan penyuluhan trauma paskabencana (trauma healing),” ujarnya.

Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM), Sujito, mengatakan, tim relawan yang diberangkatkan ini akan berada di lokasi pengungsian selama lima hari.  “Mereka akan berada di lokasi selama 5 hari dan selanjutnya mereka kami tarik untuk digantikan relawan lain selama lima hari juga,” tuturnya.

Menurutnya, tim yang diberangkan merupakan para mahasiswa yang sudah terlatih dan memiliki banyak sekali pengalaman dalam penanganan bencana. Mereka sudah sangat akrab dalam menangani para korban bencana.

Seperti halnya bencana banjir yang melanda Kecamatan Kencong, Jember, beberapa waktu lalu, tim relawan ini juga terjun langsung melakukan penyuluhan kesehatan dan penyuluhan trauma paskabencana. (din)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Universitas Jember Krim Relawan Bencana Kelud

Terkini

Close x