Translate

Iklan

Iklan

Kopi Bondowoso Dihargai Rp 40 Ribu Per Kilogram

10/23/14, 17:00 WIB Last Updated 2014-11-19T07:37:37Z
Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ekspor Kopi Kabupaten Bondowoso Jawa Timur ke Mancanegara setiap tahun terus mengalami peningkatan, harganyapun mengikuti harga Pasar Internasional, sehingga keuntungan petani kopi lebih besar.

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan (Dishutbun) Kabupaten Bondowoso. Ir. Matsakur menjelaskan, tahun 2014 produksi kopi asal Kabupaten Bondowoso, baik jenis arabika maupun robusta mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

 “Dibanding tahun 2013, tahun ini produksi kopi di Bondowoso, baik jenis arabika maupun robusta mengalami peningkatan yang cukup siginifikan. Keberhasilan ini berkat kerjasama yang baik antara Dishutbun dengan APKI (Asosiasi Petani Kopi Indoinesia) Bondowoso”, kata Matsakur. Kamis (23/10).



Bukan hanya produknya yang meningkat, lanjut Pak Sakur, sapaan Matsakur, tapi juga harganya. Dengan meningkatnya produk dan harga kopi di pasaran internasional berdampak positif bagi perekonomian Bondowoso, hususnya pada petani kopi.

Ditempat terpisah, Ketua APKI Bondowoso, Bambang Sriono menjelaskan, pada tahun 2013 harga kopi di Pasar Internasional sangat murah, yaitu berkisar antara Rp 27 hingga Rp 30 ribu/kg, tapi pada tahun ini mengalami peningkatan yang cukup menggembirakan.

Ketika dikonfirmasi harga kopi tahun ini, Bambang mengatakan, antara Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu/kg. Sedangkan harga kopi jenis robusta tahun lalu Rp 17 ribu/kg, sedangkan tahun ini meningkat antara Rp 20 hingga Rp 25.000,00/kg.

 “Harga jual kopi di Pasar Internasional ditentukan oleh pergerakan harga kopi di New York AS dan London Belanda. Kalau harga Kopi Arabika di New York tinggi, maka kopi asal Bondowoso juga ikut naik. Demikian juga kalau kopi robusta di London naik akan membawa berkah pada petani kopi Bondowoso. (Midd)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Kopi Bondowoso Dihargai Rp 40 Ribu Per Kilogram

Terkini

Close x