Translate

Iklan

Iklan

Uang Palsu Beredar Di Pasar Tradisional Jember

10/26/17, 22:05 WIB Last Updated 2017-10-26T15:34:09Z


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Beberapa hari lalu publik sempat di kejutkan dengan beredarnya uang palsu (Upal) didalam Pasar Tradisional Desa / Kecamatan Semboro, Jember.

Hal ini diketahui seorang pedagang sembako bernama Sarini Wahyuningsih mengaku saat itu pelaku menggunakan mata uang pecahan Seratus Ribuan dan berbelanja untuk beberapa kebutuhan pokok. Menurutnya pelaku langsung beranjak, setelah saya lihat uangnya ternyata palsu.

“Sontak saya berteriak dan didengar oleh para pedagang lain yang berdekatan dengan dagangan saya serta warga yang berada didalam pasar juga berkumpul untuk mengejar pelaku, dan berhasil menangkapnya”, Jelasnya.

Wakil Mantri Pasar Tradisional Desa Semboro Kurniawan menceritakan kejadian tanggal Selasa (24/10/2017) siang, pelaku sempat diamankan oleh pedagang namun pelaku melarikan diri. "Kita amankan, namun pelaku berhasil melarikan diri sebelum saya kontak kepolisian," katanya

Atas kejadian itu, Polsek Semboro dipimpin Kanit Reskirm Polsek Semboro AIPTU Setyo Mardiyono, sosialisasi Upal, "Penyuluhan ini penting agar masyarakat bisa mendeteksi keaslian uangnya, agar hal serupa tidak terjadi lagi" ungkapnya. Kamis, (26/10/2017) siang

Menurutnya, pedagang juga diberitahu sehingga lebih meningkatkan kewaspadaan. Apalagi sekarang sudah diterbitkan mata uang seri terbaru untuk pecahan tertentu. "Para pelaku biasanya mencari pedagang yang teledor lantas membeli dan buru buru pergi”, Jelasnya.

Hal itu juga dialami Asiyah nenek pedagang ikan asal Tanggul yang 5 kali jadi korban perempuan berjilbab. Dirinya pernah juga memergoki pelaku saat beli ditempatnya dan dikejar lalu uang pecahan 100 ribu di kembalikan dengan alasan dirinya salah ambil uang. (eros)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Uang Palsu Beredar Di Pasar Tradisional Jember

Terkini

Close x