"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Friday, 2 February 2018

Akibat Hujan Deras, Banjir Menjebol Tiga Jembatan Di Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Hujan deras yang mengguyur kabupaten Jember Jawa Timur, Kamis (1/2/2018) mengakibatkan sejumlah daerah dilanda banjir, banjir terparah di Wilayah Sumberbaru.

Bahkan akibat debit Air di beberapa sungai meningkat drastis, tiga Jembatan penghubung antar dusun di dua Desa yakni satu jembatan di Desa Karang bayat dan dua Desa Gelang yang sehari hari digunakan warga melintas jebol dan putus total di hantam Aliran Arus sungai, 

Seperti Jembatan penghubung antara dusun Congapan dan Perkebunan di Dusun Congapan Jembatan Terputus total, bangunan Jembatan jatuh ke sungai dan terbawa arus Sungai, Jebolnya jembatan diketahui setelah Magrib sekitar Pukul 18.30 wib.

"Informasi itu kita terima lewat telpon seluler seorang warga kami yang tak bisa pulang sehabis bekerja dikebunnya,"  Ungkap, Kepala kasun Hasan mendampingi Camat Sumberbaru Yusuf, bersama Muspika Babinsa, Babinkamtibmas saat mengecek Lokasi, Jum'at (2/2/2018).

Atas kejadian itu Camat Sumberbaru Yusuf menghimbau kepada masyarakat apabila curah hujan sangat tinggi dan lama, warga diminta  agar tetap selalu siaga dan mengamankan sejumlah barang barang berharga seperti surat surat kepemilikan atau lainnya.

"Tahun ini 3 kali banjir, sekarang terparah, selain 3 jembatan Jebol, 5 Dapur, 3 kandang, Ponpes, ratusan rumah, jalan-jalan serta sekitar 80 HA sawah Kebun warga terendam Air, meski belum diketahui berapa jumlah kerugian,  namun kami berharap hal ini akan segera teratasi," Harapnya.

Selain di Desa Yosorati, Sumberagung, Jatiroto dan Gelang, Kecamatan Suberbaru, banjir juga terjadi sejumlah wilayah lain, seperti di Dusun Glagasan, Desa Rowotamtu kecamatan Rambipuji, bahkan menurut Jainuri, luapan sungai, air masuk ke beberapa rumah dekat sungai hingga lutut orang dewasa.

Penyebab banjir menurutnya, disamping karena sungai dangkal, juga karena tumpukan pasir para penambang di jalan, sehingga ketika hujan lebat sedikit saja air meluap, hal itu dibenarkan kepala desa Rowotamtu, Sumali.  Kades berharap, agar PUPR Jember diperbaiki dan dan dibangun tanggul baru, di Dusun Karnganyar, Paseban. Pungkasnya.

Informasi yang beredar, bahwa banjir akibat hujan lebat sejak Kamis pagi  (1/2/2018) hingga malam hari juga melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Jember diantaranya di Desa Kepanjen dan Bagorejo (Kecamatan Gumukmas), Kraton dan Paseban (Kecamatan Kencong).

Disamping itu juga terjadi di desa Harjomulyo (Kecamatan Silo), Wonosari, Sanenrejo (Kecamatan Tempurejo), Glundengan (Wuluhan), Curah lele, Karang Smanding (Kecamatan Balung), Sukoharjo, Karangsono (Kecamatan Bangsalsari), dan Desa Pondokjoyo, Sidomekar, Semboro Lor (Kecamatan Semboro). (yond/mam/eros).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: