"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Sunday, 25 February 2018

Paskibra SMAN di Situbondo Boyong 5 Piala Kreasi PBB Nasional

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tim DEPASSA Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Panji Situbondo, Jawa Timur boyong 5 piala Lomba Kreasi Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SMA/SMK/MA Nasional.

Lima piala kreasi PBB Se-Jawa 2018 di SMA Negeri 1 Karangrejo Tulungagung itu yaitu, juara 2 Purwa dan juara Best Pasukan 3 dari pleton putra yang dikomandoi oleh Fikri Firmansyah (17) kelas XI Mipa 2. Sedangkan juara 3 utama, Best Variasi 2 dan Best PBB dari pleton putri yang dikomandoi, Arum Dewi Ratih (17) IPS 4.

SMA itu juga pernah Juara 1 Lomba bina remaja se Jatim, Juara III temu remaja Situbondo dan Juara 1 lomba pencak silat Tarung Drajat piala Gubernur Jatim Desember 2017.  Siswa itu bernama Muhlas Adi Putra (17) kelas XI Mipa yang dilaksanakan tingkat SMA / SMK / MA sederajat se Jawa Timur.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Panji, Situbondo, Drs. Said Ripin Bukaryo,M.Si mengatakan, selain guru mata pelajaran olahraga di SMAJI yang melatih tim "DEPASSA" juga dilatih Mohammad Yayak Budi Santoso, seorang anggota Kodim 0823 Situbondo.

Dsemangat dan kedisiplinan semua elemen dilingkungan sekolah baik Kepsek / Wakasek, Kasubag TU dan staf, dan yang lain juga dari kantin, keamanan hingga meraih tingkat keberhasilan SMA Negeri 1 Panji selalu memboyong piala di setiap even lomba tingkat Kabupaten hingga Nasional.

"Jadi, untuk meraih prestasi baik secara akademik maupun non akademik tidak melihat apa belakang dari seorang pendidik, namun, ada kebersamaan semua elemen yang ada di lingkungan sekolah. Semuanya saling bersinergi juga peran siswa dan orang tua," kata Said, Minggu, (25/2/2018)

Sebagai penghargaan kepada tim dan pembina diadakan acara khusus penyerahan Piala dari kepada Kepala Sekolah, prestasi ini menjadi motivasi semua peserta didik untuk giat belajar, disiplin, jujur, dan penuh sopan - santun, karena untuk meraih prestasi tidak hanya dari akademik saja tapi juga dari non akademik.

Kemauan, semangat, disiplin, kejujuran, kebersamaan dan kegotong-royongan merupakan bagian dari kenaikan pendidikan karakter (PPK). “Saya yakin, kalau ini bisa ditaati, akan semakin berprestasi. Contohnya, anak-anak Paskibraka bisa kita lihat hasil yang diraihnya," katanya.

Secara keseluruhan hasil lulusan SMAN 1 Panji meningkat yang masuk ke PTN, seperti UGM, Unibraw, Unima, UneJ, Unesa, Udayana Bali, Unsut Semarang, Poltek serta dibeberapa Universitas di Situbondo. Disamping akademik, kegiatan non akademik atau ekskul juga meraih prestasi Pemain Terbaik lomba Band.

Sementara, Pelatih Tim DEPASSA, Mohammad Yayak Budi Santoso (52) yang juga anggota Kodim 0823 Situbondo, saat dihubungi melalui WhatsAppnya. mengatakan, sangat mengapresiasi atas prestasi SMA Negeri 1 Panji memunculkan berbagai prestasi.

Yayak berharap prestasi Derap Pasukan Paskibraka (DEPASSA) di kancah Nasional dapat memotivasi untuk tekun belajar. "Keberhasilan meraih juara lomba Kreasi bulan kemarin, itu atas kebersamaan semua elemen yang ada dilingkungan sekolah," tegas Pak Yayak. (mam).

Berita Terkait Pendidikan

No comments: