"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Saturday, 14 July 2018

Puluhan Peserta Ikuti Ujian Calon Advokat Peradi di Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. DPN  Peradi Sabtu (14/7/2018) Gelar Ujin serentak angkatan ke XVIII, di 34 Kabupaten / kota di Indonesia, sedangkan untuk di Jember diikuti 76 peserta dari 5 dari Kabupaten.

Salah-satu tempat Ujian Profesi Advokat (UPA) di Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember (Unej) diikuti oleh peserta dari beberapa kabupaten / kota seperti Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. 

" Ujian di Jember  digelar di Fakultas Hukum Unej ini diikuti sebanyak 76 peserta," Demikian kata sekretaris  Bidang Pembelaan Organisasi Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), Andris Basril  kepada sejumlam awak Media Sabtu (14/7/2018).

Andris menyampaikan bahwa pihaknya ditugaskan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) untuk mengawasi di Jember,  “Setiap peserta harus mengerjakan 120 soal tentang hukum acara selama 2 jam dengan jawaban (multiple choice) pilihan ganda selain itu ada ujian esai surat kuasa dari gugatan”, jelasnya.

Peradi sepakat zero KKN, untuk itu dibuat model 5 soal berbeda dalam 1 ruangan,  penilaian dibawa ke pusat Jakarta. "Ujian dilakukan untuk melakukan proses dari pada undang-undang Advokat sendiri no 18 tahun 2003 amanah, jadi peserta ini telah mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA)," ungkapnya.

Setelah mengikuti ujian, yang lulus lanjutnya akan di sumpah atau dilantik oleh pengadilan tinggi, dan tentu ada persyaratan minimal pertama usia 25, dan telah lulus dua tahun sejak Ijazah S1, baru itu persyaratan untuk di sumpah dan dilantik.

Sementara menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Peradi Kabupaten Jember  H.Zaenal Marzuki mengatakan, bahwa Sejak tahun 2016, sudah yang ke 5 kali Peradi Jember dipercaya mengadakan Ujian, dengan tingkat kelulusan 90 hingga 100 persen. "Untuk PKPA sudah Angkatan XI, sedangkan untuk angkatan XII sedang dibuka hingga bulan Agustus 2018," jelasnya. (edw).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: