"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Wednesday, 8 August 2018

Hasil Tangkapan Ikan di Situbondo Menurun Akibat Cuaca Buruk

Situbondo, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Para nelayan Situbondo keluhkan turunnya tangkapan ikan, penurunan tangkapan ikan ini diduga karena cuaca buruk dan gelombang laut tinggi di bulan Agustus tahun ini.

Hal itu disampaikan salah-satu nelayan, Holip (45), warga dusun kalbut Desa Semiring Kecamatan Mangaran, menurutnya tangkapan ikan selama dua minggu terakhir ini mengalami penurunan tajam. "Karena cuacar buruk dan gelombang tinggi kita tidak berani melaut” katanya Rabu (8/08/2018).

Akibatnya ikan jenis kembung, layur, tenggiri serta tongkol dan lainnya kini semakin langkah, menurunnya hasil tangkapan ikan ini berdampak pada harga ikan.“Kalau hasil tangkapan ikan melimpah, otomatis harga menurun, begitu juga sebaliknya. Semoga saja cuaca kembali normal,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Misran(36) warga desa panarukan Kecamatan Panarukan, menurutnya sebelum memasuki bulan Agustus tangkapanikan sudah mulai berkurang karena cuaca ekstrim para nelayan  yang didapat hanya ikan teri saja sehingga penghasilan pun juga menurun.

Antika salah satu pengusaha rumah makan menuturkan, karena pasokan ikan berkurang, ia terpaksa menaikkan harga jual ikan hingga Rp. 50 -100  ribu.“Ya mau bagaimana lagi, pasokan ikannya sedikit dan harganya pun naik. Biasanya saya jual banyak jenis ikan siap saji  tapi sekarang hanya beberapa saja,” tuturnya. (Edo)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: