Translate

Iklan

Iklan

Karnaval Desa di Jember Tampilkan Keberagaman Seni - Budaya Indonesia

9/02/18, 12:07 WIB Last Updated 2018-09-09T09:41:53Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Ribuan warga Minggu (2/9/2018) padati jalan Raya saksikan kemeriahan Karnaval Kemerdekaan yang digelar Pemerintah Desa Rowotamtu  Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember.

Puncak kegiatan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 bertema "Rowotamtu bersatu" ini diikuti sekitar 5000 peserta dari wilayah Rambipuji dan sekitarnya, termasuk
para Kepala Desa bersama Perangkat Desa yang berkostum pakaian adat Bali.

Tampak  para penonton terlihat antusias menyaksikan karnaval kemerdekaan ini. Mereka rela datang lebih pagi agar bisa melihat lebih dekat keragaman seni dan budaya Indonesia yang dituangkan dalam sejumlah kostum dan kesenian, seperti mobil hias, pakaian adat, dan tari-tarian serta seni budaya.

Menurut Kepala Desa Rowotamtu Sumali, bahwa Kegiatan kali ini merupakan karnaval tahun ketiga yang digelar setiap tahun. "Namun untuk carnaval kali ini lebih besar dengan jumlah peserta sekitar 5000 orang," ucapn Sumali saat diwawancarai di lokasi finish peserta carnaval di Lapangan Desa Rowotamtu.

Hal senada juga disampaikan Fityatur Rohmah, salah seorang perangkat Desa setempat. Menurutnya Karnaval dimulai dari Dusun Glagasan. “Dari sana, peserta akan berjalan menuju finish melalui Jalan - jalan Dusun dan Jalan Raya Balung Rambipuji menuju alun-alun," Jelasnya.

Peserta dari tiga Desa, yaitu Rowotamtu dan Curahmalang Kecamatan Rambipuji serta dari Desa Petung Kecamatan Bangsalsari ini menampilkan seni budaya lokal, seperti atraksi reog, tari kecapi dan tari kecak khas Bali. "Mereka juga menampilkan pakaian adat, seperti Jawa, bali, madura, dan lain-lain”, jelasnya. (mam).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Karnaval Desa di Jember Tampilkan Keberagaman Seni - Budaya Indonesia

Terkini

Close x