"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Sunday, 30 September 2018

Syukuri Panen Petani Melimpah, Pemdes di Jember Gelar Kirab Tumpeng

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk mensyukuri dari hasil panenan petani, Pemerintah Desa (Pemdes)  Biting, Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Minggu (30/09/2018) sore gelar ritual kirab tumpeng.

Tampak puluhan Tumpeng yang berisi sejumlah hasil tanaman, seperti, padi, palawija, tembakau dan yang lain itu, diarak dari lapangan Mojo menuju halaman Kantor Desa, kemudian tumpeng akan diperebutkan warga, setelah sebelumnya dibacai mantra ayat-ayat Suci Alqur'an oleh para tokoh adat atau Kiyai.

“Kegiatan ini sebagai bentuk rasya bersyukur atas panen yang berlimpah, seraya memohon kepada sang maha pencipta (Allah SWT) , agar hasil panen petani di tahun depan diberikan kesuburan dan penghasilan yang lebih banyak” Demikian disampaikan Kepala Desa Biting, Siswonto usai acara kirap tumpeng.

Menurut Siswonto, kirab ini sudah menjadi tradisi setahun sekali. Disamping sebagai bentuk rasa Syukur, juga memohon kepada sang penciptanya, semoga petani Desa Biting, khususnya dan di Kabupaten Jember diberikan kesuburan dan dijauhkan dari musibah dan malapetaka," harapnya.

Tampak dalam acara yang melibatkan empat Dusun yaitu, Dusun Krajan, Mojo, Biting Pinggir, Sumber Tapen yang  terdiri dari dua belas RW dan perangkat desa setempat, juga dihadiri Muspika Arjasa.  Selain itu juga dihadiri salah satu Caleg DPRRI Partai Nasdem Dapil IV (Jember – Lumajang), H Charles Meikyansah.

Dalam kesempatan itu Charles sangat mengapresiasi acara ini,"Saya salut melihat warga Biting sangat antusias dan khidmat menjalankan ritual ni, ini patut dicontoh. Insyaallah di tahun yang akan datang kalau saya masih diberi umur panjang, saya akan ikut membantu kirab tumpeng Desa Biting ini," katanya. (ming/eros).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: