"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"
Custom Search

Saturday, 6 October 2018

Upaya Polres Banyuwangi Menuju WBK Diapresiasi Ketua IPW

Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi Polres Banyuwangi yang berusaha meningkatkan pelayanan publiknya menuruju wilayah bebas korupsi (WBK).

Tujuannya agar masyarakat bisa merasakan Polisi bahwa menjalankan fungsinya sebagai pelayan, pengayom dan pelindung masyarakat. Pasti banyak kendala, dari terbatasnya anggaran hingga personil. Namun jika tekad bebas korupsi sudah digulirkan, tidak boleh berkata tidak dan harus bekerja keras.

Untuk itu harus dilakukan kontrol kinerja anggotanya. “Jika ada yang bermain main dalam hal ini, Kapolres jangan sungkan sungkan melakukan OTT dan menyerahkannya ke satgas anti pungli atau KPK," papar Ketua Presidium IPW, Neta S Pane dalam siaran pers nya yang dikirim ke media ini, Sabtu (6/10/2018).

Pasalnya, sekecil apa pun, lanjut Neta S Pane, upaya korupsi jangan dibiarkan terjadi dan harus diberantas tuntas. "Dibutuhkan ketegasan Kapolres guna meluruskan hal hal yang tidak benar. Dijamin masyarakat luas akan memberikan dukungan terhadap langkah mulia Kapolres," tandasnya.

Beberapa waktu lalu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (MENPAN-RB), Asman Abnur, melihat langsung layanan publik di Polres Banyuwangi. Kunjungan ini berkaitan dengan upayanya yang sedang dalam proses mendapatkan predikat wilayah bebas korupsi (WBK).

Asman didampingi Asistensi Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri Irjen Pol Gatot Eddy Pranomo melihat langsung di Sentra pelayanan Kepolisian dan pembuatan SIM dan berdialog dengan pemohon SIM. Dalam dialog tersebut warga mengaku puas dengan pelayanan yang diberikan Polres Banyuwangi.

Mentri PAN-RB menyatakan sudah banyak perubahan dalam layanannya, diharapkan Polres Banyuwangi bisa menjadi model pelayanan publik. “Pelayan publik seperti ini terus kita dorong perubahannya,” ujarnya di sela-sela kunjungannya di Polres Banyuwangi Senin (6/8/18) lalu..

Setelah itu pihaknya akan melakukan evaluasi. Jika Polres berhasil meraih WBK, Asrena Polri akan menambah lagi sarananya. “Ada lagi tingkatan di atasnya, WBBM (wilayah birokrasi bersih melayani). Tunjangannya naik 2 kali dari biasanya, kalau WBK hanya satu kali (kenaikan tunjangannya, red.),” jelasnya kala itu.

Dalam kesempatan yang sama Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman menyatakan, semua jajarannya harus melayani masyarakat dengan ketulusan dan keikhlasan agar lebih baik. Karena predikat WBK hanya tinggal tahap survey eksternal saja. (kim).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: