Translate

Iklan

Iklan

Rencana Pemkab Banyuwangi PHK Ribuan THL Menuai Protes

12/06/18, 21:46 WIB Last Updated 2018-12-06T15:52:20Z
Banyuwangi, MAJALAH-GEMPUR.Com. Pemberitaan Ribuan THL Segera Dirumahkan, Bebani Keuangan Daerah, Setahun Habiskan 56 M, di media harian lokal Kamis (6/12/2018) menuai protes.

Salah satunya datang dari Direktur Pusat Studi dan Advokasi Hak Normatif Pekerja (Pusaka) Muhammad Helmi Rosyadi, Aktivis muda ini menilai bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi tidak paham dengan logika dalam pengambilan sebuah kebijakan.

"Apakah Pemkab dalam pengambilan kebijakan sudah tidak lagi memakai akal sehat ? Apakah pemkab sudah kehilangan kewarasannya ?," suluk Helmi yang dikenal getol memberikan advokasi kepada kalangan buruh ini, sebagaimana rilis yang dia kirim ke media ini, Kamis (6/12/18) malam.

Selama ini, tuduh Helmi, kegiatan Banyuwangi Festival membebani APBD dan berpotensi banyak terjadi korupsi. "Tour De Ijen contohnya, anggarannya mencapai 5 miliar. Anggaran sebesar itu hanya untuk 4 hari. Bukankah ini sebuah pemborosan ?," sergahnya.

Contoh lain pekerja Kapal LCT Sritanjung/PT PBS yang telah berjasa menyumbang PAD, justeru sampai hari ini hak hak normatifnya tidak dipenuhi belum menerima gaji/pesangon.  "Kini para THL penjaga kebersihan dan penegakan perda, pekerja puskesmas juga rumah sakit yang telah memberikan pelayanan publik maupun THL di SKPD dan membantu kerja ASN kok mau di-rumahkan (PHK, red)," seru Helmi lagi.

Menurutnya, publik sudah mengetahui bahwa PAD Pemkab tidak tercapai, namun masih saja banyak pemborosan anggaran di SKPD.  "Biaya perjalanan dinas, konsultasi, kunjungan kerja (kunker), bimbingan teknis (bimtek) dan lain sebagainya inilah yang banyak menguras keuangan daerah. Lalu managemen seperti apa selama ini yang diterapkan pemkab kok bisa terjadi kebocoran seperti ini ?," tuding Helmi.

Untuk itu, Direktur Pusaka ini mengajak warga Banyuwangi bersama-sama menolak rencana Bupati Banyuwangi yang hendak me-rumahkan para THL. "Mari kita tolak rencana Pak Bupati kita yang banyak menerima penghargaan ini, Selamatkan THL, kita lawan kebijakan pemiskinan !," tegasnya. (kim).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Rencana Pemkab Banyuwangi PHK Ribuan THL Menuai Protes

Terkini

Close x