"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Sunday, 23 December 2018

Sutopo Ralat Tsunami Pantai Anyer dan Lampung Selatan Disebut Gelombang Pasang



Jakarta, MAJALAH-GEMPUR.Com. Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho meralat bahwa Pantai Anyer dan Lampung Selatan Disebut Gelombang Pasang.


Menurutnya bencana yang menimpa Pantai Anyer Pandeglang, Lampung Selatan, dan sekitar Selat Sunda itu adalah Tsunami. Pernyataan ini sekaligus mengklarifikasi pernyataan sebelumnya yang menyebut bahwa kejadian itu hanyalah gelombang pasang akibat bulan purnama.

Hal itu ia klarifikasi dalam akun media sosial Instagram resminya @sutopopurwo dan juga media sosial Twitter miliknya @Sutopo_PN. "Mohon maaf jika di twitt awal saya menyampaikan bukan tsunami tapi gelompang pasang. Benar, Tsunami Menerjang Pantai di Selat Sunda," tulis Sutopo, Minggu (23/12/2018).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menjelaskan bahwa ralat itu, setelah adanya perubahan dan perbaikan informasi data dan analisis terbaru ia terima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

"BMKG telah menyampaikan secara resmi bahwa tsunami telah terjadi dan menerjang beberapa wilayah pantai di Selat Sunda, diantaranya di pantai Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan," kata Sutopo yang menyebut bahwa tsunami terjadi pada Sabtu (22/12/2018) malam, sekitar pukul 21.27 WIB dan menyebabkan permukiman serta hotel di sekitar Pantai Anyer rusak. (eros).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: