Translate

Iklan

Iklan

Bupati Jember Dukung Berdirinya SMP Assuniyah Kencong

1/12/19, 23:00 WIB Last Updated 2019-04-02T04:58:11Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Jember, Bupati Jember dr Hj Faida, MMR, dukung berdirinya SMP Assuniyah Kencong, dengan anggaran pendidikan gratis.

Pemerintah saat ini melihat pondok pesantren lebih terbuka, berpartisipasi lebih aktif dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kita mendukung, pondok pesantren Assuniyah yang sudah punya MTS tapi juga mendirikan SMP,” kata Faida saat meresmikan gedung SMP Assuniyah, Sabtu (12/1/2019) malam

Karena menjalankan program pendidikan gratis, maka SMP Assuniyah berhak mendapatkan bantuan dana operasional dari pemerintah pusat dan dana Program Pendidikan Gratis (PPG) dari Pemkab Jember. Dukungan lain yakni dengan kebijakan pembangunan jalan dan penerangan jalan umum mengutamakan akses ke pondok pesantren. Serta akses ke sekolah maupun masjid.

Lebih jauh bupati mengungkapkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Jember tidak hanya mengurusi sekolah yang ditangani oleh Dinas Pendidikan. Sekolah atau madrasah yang ditangani oleh Kementerian Agama juga menjadi sasaran kebijakan. Ini karena anak yang belajar di sekolah di bawah Kemenag juga anak Jember.

Setiap sekolah yang bertekad ikut pendidikan gratis akan dapat bantuan anggaran dari pusat dan daerah, dengan catatan tidak menarik  pungutan kepada wali santri. ”saya juga minta data anak-anak anak yatim piatu, hafidz, hafidzoh supaya dikirimkan ke bupati untuk menerima beasiswa hingga lulus” harapnya.

Pengasuh Ponpes Assuniyah KH. Ghonim Jauhari menyampaikan terima kasih, karena dalam pengurusam perizinan pendirian SMP Assuniyah lancar dan tidak ada pungli.  “Sekolah ini gratis untuk masyarakat, tapi kalau mondok biaya. Inilah keinginan kami dalam mencerdaskan bangsa,” jelasnya.

Jika MTS Assuniyah diwajibkan untuk di pesantren, tidak demikian dengan SMP Assuniyah yang dapat menerima santri yang di luar pesantren. Berdirinya SMP Assuniyah ini diharapkan mampu mendorong Kencong semakin maju berkembang, dan penuh keberkahan. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Jember Dukung Berdirinya SMP Assuniyah Kencong

Terkini

Close x