"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 20 February 2019

Bupati Jember Minta Perhutani Kembangkan Destinasi Wisata Edukasi

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR meminta Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jember bisa mengembangkan hutan menjadi sebuah Distinasi Wisata Edukasi.

Karena masih banyak anak anak jaman now yang masih belum tahu yang namanya pohon pinus, mahoni dan lain lain. Demikian disampaikan Faida saat menerima kunjungan Adm Perum Perhutani KPH Jember Rukman Supriatna, S. Hut., MM bersama jajarannya di pendopo Wahyawibawagraha Rabu (20/2/2019) pagi

Tampak hadir mendampingi Adm, yaitu Wakil Kepala Perum Perhutani Jember Selatan Akhmad Faisal S.Hut. MM, Wakil Kepala Perum Perhutani Jember Utara Asep Setiawan S.Hut  Anton Sujarwo S.Hut, kasi Kelola Sumber Daya Hutan, Agus Sulaiman dan Kepala Sub Seksi Komunikasi Perusahaan, danHeriyono.SE

"Kalau sebagian hutan itu di jadikan destinasi wisata edukasi maka anak jaman Now akan mengerti pohon pinus dan sebagainya, saya juga berharap agar semua dipersiapkan dengan matang dan melihat dari berbagai aspek serta mempertimbangkan manfaat dan mudorotnya." ungkapnya.

Faida mencontohkan seperti  di desa pakis ini, di situ ada tiga destinasi diantaranya kopi, durian dan air terjun, biarlah tiga destinasi wisata itu sendiri sendiri, menjadi kampung durian dan kampung kopi, jadi akan terwujud satu kampung satu produk unggulan.

Namun secara keseluruhan Bupati Faida, mendukung program penggalian potensi wisata perhutani, dia juga berpesan jangan sampai bila di tempat itu ada beberapa destinasi wisata akan hilang karena di jadikan satu, masing-masing bisa disersinergikan dengan OPD seperti Dinas Pariwisata, Disperindag dan lainnya.

Kepala Perum Perhutani KPH Jember Rukman Supriatna mengaku pihaknya siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember untuk kesejahteraan di masyarakat sekitar. "Karena tanpa sinergi yang baik,  maka program kerja Perhutani pun tidak akan berjalan dengan baik," Kata kepala

Menrutnya banyak  potensi diwilayahnya, seperti air terjun Rengganis di desa pakis, pohon durian dan kopi,  alangkah baiknya bila itu di kemas dalam satu paket wisata. "Kalau cuma air terjun saja saya kira kurang menarik karena kita harus berjalan kaki sekitar700 meter ",ungkapnya

Untuk itu desa Pakis di Kecamatan Panti ini akan dijadikan kampug kopi, kompung durian yang akan dijadi satu sebagai paket wisata dengan air terjun rengganis, diapun meminta petunjuk kepada Bupati untuk memberikan nama yang pas untuk paket wisata tersebut.

"Sebenarnya untuk di area perhutani terdapat sekitar 21 potensi tempat wisata  yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jember, hanya yang sudah berjalan diantaranya air terjun rengganis, watu jubang mumbulsari,  pantai camga'an, dan air terjun Tujuh bidadari, yang lain menyusul."

Rukman berjanji  tahun ini pengelolaan kerjasama wisata antara Pemerintah daerah dalam hal ini pemerintah Kabupaten Jember dan Perum Perhutani segera dapat terwujud. Dalam audensi itu juga disampaikan rencana penyerahan sharing dan louncing potensi destinasi wisata wilayah Perhutani. (eros).

Berita Terkait Pemerintahan

No comments: