Translate

Iklan

Iklan

Bupati Jember Bekali 840 Pemantau Pemilu 2019

3/29/19, 14:39 WIB Last Updated 2019-04-02T01:39:23Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Bupati dr Hj Faida, MMR, Jum’at (29/3/2019) beri pembekalan 840 Tim Pemantauan Perkembangan Politik pada pelaksanaan Pemilu 2019 di Aula PB Soedirman.

Mereka dari seluruh desa dan kelurahan serta kecamatan di Jember. “Ini sebagai salah satu ikhtiar agar demokrasi dapat berjalan dengan baik dan lancar, pemilih yang berdaulat akan melahirkan pimpinan negara yang kuat,” kata bupati kepada sejumlah awak media usai pembekalan.

Setiap desa atau kelurahan dipilih sebanyak 3 orang. Sementara tim di tingkat kecamatan dipilih sebanyak dua orang. Tim pengawas ini terdiri dari mereka yang bersedia meluangkan waktu khusus, bisa baca tulis, serta bersedia untuk mengawal dan melaporkan sesuai prosedur.

Tim di tingkat desa dan kelurahan melaporkan perkembangan politik dan hasil Pemilu ke tim tingkat kecamatan, dilanjutkan ke tim kabupaten yang dikoordinasi Bakesbangpol. “Ini tim pemantau yang resmi dari Pemerintah Kabupaten Jember untuk memantau perkembangan pemilu,” tuturnya.

Mereka dibentuk melalui surat keputusan bupati dengan mendasarkan petunjuk Menteri Dalam Negeri. Setiap kabupaten harus memantau. “Mereka adalah kepanjangan tangan pemerintah, mengamankan jalannya pemilu, supaya pemerintah juga bisa memantau lebih detil, pasalnya salah satu sukses pemilu bukan hanya berjalan lancar, tapi partisipasi masyarakat berjalan maksimal,” imbuhnya.

Bupati mengungkapkan, jumlah TPS Pemilu 2019 meningkat dua kali lipat dari Pilgub. Saat ini jumlahnya mencapai 7.670 dengan jumlah pemilih 1,8 juta orang. Dengan tegas bupati menyampaikan, tugas pertama tim adalah mengajak masyarakat menjadi pemilih yang berdaulat.

Kepala Bankesbangpol Drs Bambang Hariono,  MM. menyampaikan, tim ini merupakan usulan masing-masing kecamatan. Pelapor kecamatan berjumlah 62 orang, pelapor desa dan kelurahan 778 orang.  “Acara ini nanti akan ditindak lanjuti dengan bimtek,” jelasnya. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bupati Jember Bekali 840 Pemantau Pemilu 2019

Terkini

Close x