"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 6 March 2019

Camat Sumberjambe; Ada Peran Masyarakat di TMMD Jember

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Dibalik pelaksanaan program Tentara Menunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 104 tahun 2019, ada peranserta masyarakat membantu setiap kegiatan itu,

Baik program fisik berupa pembangunan inflastruktur di Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe, Kabupaten Jember, bahwa unsur masyarakat juga terlibat aktif berpartisipasi didalamnya. Demikian disampaikan  Camat Sumberjambe, Heri Setiawan, Rabu (6/3/2019).

"Ada berbagai macan bentuk program fisik yang melibatkan peranserta masyarakat. Seperti, perbaikan jalan penghubung antar dusun, bedah rumah, pembangunan jembatan, dan MCK, dan lain sebagainya,  bedah 20 rumah tidak layak huni milik misalnya,” ungkapnya,

Tidak hanya itu, menurut Heri, jembatan yang dibangun memang sudah tidak layak, sehingga melalui program ini diperbaiki agar berfungsi dengan normal. "Setelah dibangun dan diperbaiki baik jalan, jembatan, dan rumah, masyarakat diharap dapat menelihara, serta menjaganya," harapnya.

Tidak hanya masyarakat Desa yang ikut serta membantu, para perangkat Desa  juga terlibat ikut membantunya. "Mereka dari awal kegiatan juga sudah membantu menyediakan data dan kebutuhan adminitrasi untuk keperluan yang akan menjadi sasaran kegiatan," bebernya.

Ia menerangkan, peran perangkat Desa sangat vital untuk berkomunikasi, menggerakan, dan memotivasi masyarakat. "Kami memang dari awal menghimbau kepada Kades dan perangkat Desa untuk proaktif mengawal program ini," katanya.

Heri membenarkan bahwa keikutsertaan masyarakat maupun perangkat desa untuk mensukseskan kegiatan ini lantaran tradisi gotong-royong di desa wilayahnya masih kental, “bahwkan maski tidak usah dimintapun, mereka dengan sukarela akan menawarkan diri,” pungkasnya.  (eros).

Berita Terkait Sosial Budaya ,TNI

No comments: