"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Monday, 22 July 2019

Dawuhan Boto, Situs Purbakala di Jember yang Hilang di Desa Kraton

Terlihat di musholla kecil di mana batu cadas disingkirkan (kredit foto: Fahmi/MG)
.

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dawuhan Boto terletak di Dusun Krajan, Desa Kraton, Kecamatan Kencong. Konon, merupakan peninggalan dari Krajaan Sadeng, namun jejak peninggalannya telah sirna tidak membekas.

"Dulunya ada batu cadas di sini, sisa peninggalannya. Tapi, semenjak dibangun musholla, batu cadas tersebut juga ikut tersingkir," ujar Aris, warga yang tinggal di daerah Dawuhan Boto, Senin 22 Juli 2019.

Saat kami berkunjung ke lokasi, sudah tidak ada jejak peninggalannya. Hanya berdiri sebuah musholla disamping lapangan, warga sekitar percaya, bila orang bisa melihat hal ghaib, di lapangan tersebut berdiri sebuah istana.

Kata Aris, kalau malam Jum'at legi, ada saja orang dari luar kota yang datang sekedar untuk mengaji di musholla. Mereka percaya, bahwa di daerah sini ada istana yang besar namun tidak bisa dilihat dengan kasat mata.

Persisnya Aris mengaku tidak mengetahui kapan batu cadas tersebut disingkirkan, sebab ia hanya mendengar cerita dari para orang tua. (RF).

Berita Terkait Lingkungan

No comments: