"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Monday, 22 July 2019

Desa Kencong, Pemilih Puluhan Ribu dengan Anggaran Pilkades Ratusan Juta

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com - Desa Kencong yang terletak di Kecamatan Kencong, bisa jadi merupakan desa dengan pemilih paling gemuk se-Kabupaten Jember. Pasalnya, desa ini memiliki pemilih puluhan ribu.

Kata panitia Pilkades Desa Kencong, Yoni Setiawan Daftar Pemilih Sementara (DPS) total 20.600. Kalau saat pemilihan presiden kemaren, karena pemilihnya ada yang dari luar Desa Kencong 21 ribu lebih. 

"Saat ini kita masih dalam tahap verifikasi berkas, sudah ada tiga calon yang mendaftar. Namun, dua calon masih perlu melengkapi berkas, sebagaimana ketentuan, kita beri waktu lima hari sampai tanggal 25," ungkap Yoni di kanto Desa Kencong, 22 Juli 2019. 

Nantinya, sambung Yoni, bila sudah lolos verifikasi dan ditetapkan sebagai calon, baru dibahas terkait anggaran, sebagaimana di Perbub bahwa anggaran Pilkades ada tiga sumber, pertama APBD, APBDes dan Sumbangan Pihak Ketiga yang tidak mengikat.

Bila ada calon yang enggan menyumbang, kata Yoni, dengan jumlah DPS sedemikian besar, maka acuannya di Perbub yakni di Musdeskan kembali. "Kalau masih enggan menyumbang, kita kembalikan lagi ke BPD, karena panitia tidak sanggup," terang Yoni. 

Yoni menjelaskan, anggaran yang dibutuhkan untuk Pilkades di Desa Kencong sekitar 340 juta. Sementara anggaran dari APBDes sebesar 71 juta rupiah. Jadi, butuh sumbangan pihak ketiga 248 juta rupiah.

Yoni mengaku, meski dengan jumlah DPS yang sedemikian besar. Tapi, anggaran sudah ditekan seminimal mungkin. "Barangkali, kita anggarannya paling kecil dibandingkan dengan desa lain kalau dengan DPS yang demikian besar itu," tutur Yoni. (RF).  

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: