"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 17 July 2019

Pendaftaran Pilkades Terakhir Tanggal 19, di Desa Menampu Belum Ada yang Daftar 


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Tahapan pendaftaran Bakal Calon Kepala Desa (Balon) akan berakhir tanggal 19 Juli 2019 mendatang. Namun, di Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas sampai hari ini belum ada yang daftar, semenjak dibuka tanggal 11 Juli kemaren.


"Sampai dengan hari ini masiih belum ada yang mendaftar. Sebelumnya, panitia sudah mengadakan sosialisasi melalui rapat bersama BPD bahkan siaran keliling cuma sampai hari ini masih belum ada calon yang masuk pendaftaranya," ujar Ketua Panitia Pilkades Nono Suharyono ketika diwawancara di Kantornya, Selasa 16 Juli 2019.

Prediksi Nono, berdasarkan informasi yang ia terima, di Desa Menampu hanya akan ada dua calon. Sebab, sejauh ini hanya dua orang yang mengurusi berkas persyaratan administrasi.

Di Desa Purwosari, justru sebaliknya, sudah ada tiga orang yang mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Kepala Desa, "Dari 3 calon yang sudah mendaftarkan diri ke panitia, masih ada satu yang bisa dikatakan lengkap sesuai dengan cek list yang kita buat, yang kita sesuaikan dengan perbup no 41 tahun 2019," ujar Sekretaris Pilkades Reza Amrullah. 

Kata Reza, dua diantara tiga pendaftar masih memiliki banyak kekurangan. Hari ini, pendaftar masih melengkapi kekurangannya di tingkat kabupaten. Nantinya, seumpama pendaftar lebih dari lima, sesuai perbub maka dilakukan seleksi.

"Semuanya dilakukan di tingkat kabupaten sehingga tugas panitia hanya mengkoordinir teman-teman bakal calon untuk diberangkatkan ke kabupaten, selanjutnya untuk soal, tempat hingga pengumuman itu sudah tanggung jawab dari kabupaten," jelasnya

Seorang warga, ketika Majalah Gempur ada di kantor Desa Purwosari, menyatakan bakal ikut kontestasi pilkades. Namanya Agus Thoriq, 

"Sudah diterima, alhamdulillah cuma ada beberapa dari persyaratan itu yang belum selesai yaitu surat keterangan pengadilan tidak pernah dipenjara," katanya. 

Thoriq mengaku siap kalah dan siap menang nantinya. Menurut Thoriq, kejujuran dari panitia sangat penting karena hal itu yang diharapkan oleh dia dan juga masyarakat pada umumnya.

Camat Gumukmas Imam Sudarmaji saat melakukan Monitoring pelaksanaan pendaftaran Calon Kepala Desa, ia mengatakan bahwa pihaknya merasa bersyukur. Pasalnya, situasi di wilayah Kecamatan Gumukmas untuk saat ini masih kondusif dan terkendali. 

"Harapan saya dari ke 5 desa tersebut bisa aman tertib dan pelaksanaan Pilkades di kecamatan Gumukmas bisa terkendali aman sukses dan siapapun yang terpilih tetap itu adalah pilihan dari masyarakat," kata Imam. (*).

Berita Terkait

No comments: