"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Tuesday, 20 August 2019

Anggota DPRD Jember Besok Bakal Dilantik

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejumlah anggota Parpol pemenang pemilu legislatif yang berlaga pada Pemilu Rabu, 17 April 2019 lalu pada Hari ini Rabu (21/8/20198) dilantik menjadi anggota DPRD.

Tercatat ada 50 anggota DPRD dari 11 Partai Politik (Parpol)  yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Sabtu (10/8/2019) di Hotel Luminor.  Wajah baru mendominasi kursi anggota DPRD pereode 2019 - 2024, karena sebanyak 30 anggota dewan terpilih adalah wajah baru dan sekitar 20 anggota dewan petahana

Untuk PKB dan Nasdem meraih kursi terbanyak, masing-masing para pemenang pemilu yang akan dilantik secara berututan adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKP) memperoleh 8 Kursi, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 8 kursi, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) masing-masing adalah 7 kursi.

Disusul kemudian, Partai Keadilan Sosial (PKS) 6 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 5 kursi, Partai Golkar 2 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 2 kursi, Partai Persatuan Indonedisia (Perindo) 2 kursi, dan Partai Berkarya 1 kursi," katanya.

Banyaknya wajah baru legislative yang akan berkantor di Jalan Kalimantan Nomor 86 itu  dibenarkan oleh anggota DPRD terpilih dari Partai Nasdem, David Handoko Seto, partainya mendapatkan delapan kursi dan perolehan kursi tersebut meningkat dibandingkan periode 2014-2019 yang mendapatkan 5 kursi.  "Dari delapan kursi itu, dua orang petahana kembali lolos menjadi wakil rakyat dan enam orang wajah baru. Saya dan Budi Wicaksono yang merupakan wajah lama, sedangkan enam lainnya adalah wajah baru," katanya.

Hal senada disampaikan sekretaris PDI Perjuangan, Bambang Wahyu, menuruntnya dari tujuh kursi, empat legislator yang duduk adalah wajah baru. “Tiga legislator adalah petahana yakni Agus Sofyan, Danang Kurniawan, dan Indrijati dan empat wajah baru yang akan duduk di kursi DPRD yakni Tabroni dari dapil 2, Alfian Yusfy dari dapil 4, Hadi Supaat dari dapil 1, dan Edy Cahyo Purnomo dari dapil 3," tuturnya.

Untuk  legislator dari PKB yaitu Moh. Alwi, SH M,  Itqon Syauqi, S.Th.I, H. Mochammad Hafidi, S.SOS, Tatin Indrayani, SE. M.Si, Drs. H. Gufron, Dra. HJ. SRI Winarni, M.Pd.I, Sunarsi Khoris, S.Ag., M.Si, H. Syaiful Anwar.  Sementara anggota Partai Gerindra adalah Alfian Andri Wijaya, SH, Drs. H. Sunardi, MM., Siswono, S.IP., Ardi Pujoprabowo, Ahmad Halim, S.Sos. HJ Suharyatik, M. Hasan Basuki, SH. 

PKS yaitu Mashuri Harianto, SP, ACH. Dhafir Syah, Amd.Kep, Abd Azis, Feni Purwaningsih, Nurhasan dan Mangku Budi Heri Wibowo. PPP adalah Susmiati, Imron Baihaqi, H. Achmad Faeshol, S.pd.I, Sugiyono Yongky Wibowo, dan Ikbal Wilda Fardana, S.H.  Sementara PAN yaitu Nyoman Aribowo, S.Pt, Agus Khoironi, diikuti Golkar yaitu Sucipto, dan Mochammad Holil Asyari, SAg, M.PdI. dilanjutkan Partai Demokrat ialah Try Sandi Apriana, S.I.Kom dan  H. Agusta Jaka Purwana, SE.,  Perindo yaitu Dewi Asmawati, S.Pd dan  Drs. Dogol Mulyono, SH, M.Si serta 1 dari Partai Berkarya Ghofir

Menurut Staf Humas DPRD Jember Sutioyo bahwa, prosesi pelantikan akan digelar pada pukul 10.00 hingga selesai. “Hari ini persiapan sudah matang termasuk persiapan yang lain juga sudah siap. ” katanya saat ditemui media ini, Selasa (20/82019).

Prosesi pelantikan, katanya, akan dilakukan pembatasan. “Kalau pada pelantikan 5 tahun lalu masing-masing Anggota Dewan kita kasih 10 undangan untuk pengantar keluarga yang dilantik, namun untuk kali ini hanya 5 undangan . Kita juga akan mengundang Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forpimda) dan undangan lain.

Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa, selain mereka yang berkepentingan, dilarang masuk ke Gedung DPRD Jember. Hal itu dilakukan agar pelaksanaannya benar-benar steril dan tidak ada hambatan. “Kalau teman-teman wartawan, tidak perlu undangan, tetapi hanya perlu menunjukkan kartu pers, dan ditukar dengan id card yang kami sediakan,” jelasnya. (eros).

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: