"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Tuesday, 6 August 2019

Peringati HUT RI ke 74 dengan Festival Rakyat Lomba Dayung

Dua peserta saling berebut sampai digaris finish, kredit foto: Maulana/MG

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com - Warga se-Kecamatan Rambipuji menyambut HUT RI ke-74 dengan mengadakan festival rakyat berupa lomba dayung di Sungai Desa Curah Malang.


Lomba dayung ini, diprakasai Karang Taruna se-Kecamatan Rambipuji. Ketua panitia lomba Agus Hermawan mengatakan, lomba digelar mulai tanggal 6 sampai dengan 8 Agustus 2019 dengan jumlah peserta 76, putri 16 dan putra 64.

"Acara puncaknya tanggal 18 Agustus setelah upacara di Alun-Alun Rambipuji. Paginya, akan dihadiri 1000 sampai 2000 anak TK dan PAUD untuk melakukan senam JBJB dan senam minum susu," kata Agus di sela-sela lomba berlangsung, Selasa 6 Agustus 2019. 

Tahun sebelumnya, sambung Agus, juga ada lomba dayung. Tapi, diadakan di Desa Kaliwining dan sekarang di Desa Curah Malang. Perbedaannya, kata Agus sekarang lebih meriah dibandingkan sebelumnya.

Festival rakyat Rambipuji tahun ini, mengangkat tema 'Rambipuji sebagai Gerbang Pandhalungan' dengan tujuan bisa dan mampu mengangkat potensi masing-masing desa di Kecamatan Rambipuji.

Agus menjelaskan, Desa Curah Malang dapat dimanfaatkan keberkahan airnya. Ada juga desa lain yang masih belum ditemukan potensinya apa. Nanti, itu akan digarap secara bersama untuk dicari potensi apa yang dimiliki. 

Agus berharap, adanya lomba dayung ini mampu mengangkat perekonomian rakyat serta menyadarkan mereka arti pentingnya menjaga sungai supaya tetap bersih. Ia juga berharap, lomba ini bisa menjadi agenda tahunan dan dapat dikenal secara luas.

Agus mengingatkan, bahwa puncak acara nanti, bakal lebih meriah dengan mengadakan flashmob yang diikuti 1000 orang lebih. Selain itu, juga bakal ada lomba meriam bambu.

Salah satu peserta lomba dayung Farid Hidayatullah mengatakan, dirinya dari Tim Sar Gumawang bersama enam rekannya diketuai Nanang mewakili RT 06 Dusung Gumawang, Desa Curah Malang. 

Senada dengan Agus, Farid juga berharap lomba dayung ini menjadi agenda setiap tahun. Meski kalah, Farid mengaku senang telah turut serta berpartisipasi mewakili desanya. Ia berharap, ke depan masyarakat lebih antusias memeriahkan. (RF).

Berita Terkait Hiburan

No comments: