"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 18 September 2019

Pimpinan Belum Definitif, DPRD Jember Belum Bisa Kerja Maksimal

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Sejak dikukuhkan, Rabu (21/8/2019) lalu, nyaris anggota DPRD  Jember tidak bisa bekerja maksimal, lantaran, Pimpinan Dewan definitif, belum ditetapkan.

Pasalnya Alat Kelengkapan Dewan (AKD), belum bisa dibentuk, Lantaran  SK Gubernur Jawa Timur yang dikirim usai Paripurna Internal Rabu (11/9/2019) lalu, belum turun. Demikian disampaikan Ketua DPRD Sementara, Itqon Syauqi usai rapat Paripurna Pembahasan Draff Rancangan Tata Tertib (Tatib), usulan masing-masing dari 7 Fraksi, yang dibawas pekan lalu.   

Untuk dapat bekerja maksimal, katanya, DPRD harus punya AKD, seperti panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib (Tatib), Komisi-komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Bamus), Badan Legislasi (Baleg), Badan Kehormatan (BK) dan lainnya yang ditetapkan Pimpinan DPRD Definitif.

Saat ini dirinya sedang menunggu SK pimpinan definitif dari Gubernur Jawa Timur. “Mudah-mudahan, secepetnya bisa turun, harapan kami pada hari Jumat, maksimal Senin depan, turun dan pimpinan dewan Definitif,  bisa dilantik”, kata ketua sementra asal Fraksi PKB ini.

Bukan hanya itu, pimpinan definitif juga akan melantik seorang, anggota DPRD yang belum disumpah, yaitu Masyhuri, dari Partai keadilan Sejahtera. “Jadi begitu krusialnya ya status definitif , untuk pimpinan dewan ini, kalau belum difinitif belum bisa berbuat apa-apa”, akunya.

Pantauan media ini, selama hampir sebulan usai dikukuhkan, yang dilakukan anggota DPRD yaitu melengkapi administrasi, membentuk dan menetapkan tujuh Fraksi Jumat (30/8/2019), Paripurna Internal Pengumuman 4 Pimpinan Dewan, Rabu (11/9/2019), membahas usulan rancangan Tatib tiap Fraksi, Senin – Selasa (9-9/2019) dan hari ini menetapkan draff Tatip, Rabu (18/9/2019)

Pada Kamis (29/8/2019), menerima puluhan perwakilan Buruh PDP Kahyangan, yang mengingatkan Dewan terpilih, tidak lupa membahas Perda Penyertaan Modal,  dan menerima  peserta aksi Ratusan Sopir Angkot Jember, Rabu (11/9/2019), dan beberapa kegiatan lainnya. (rus)

Berita Terkait Politik dan Hukum

No comments: