"Selamat kepada 14 Partai Politik Nasional dan 4 Partai Politik Lokal Aceh yang lolos menjadi peserta Pemlihan Umum Tahun Tahun 2019"

Wednesday, 11 September 2019

Ratusan Remaja PMR Distrik Tiga Jember Ikuti Diklat Gabungan

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) Distrik 3 Kabupaten Jember  menggelar Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Gabungan  Pengesahan Anggota Baru PMR.

Diklat diikuti 7 sekolah dengan latar belakang  berbeda,  masing-masing dari SMA Negeri Ambulu, SMA Pancasila Ambulu, SMA Bima Ambulu, SMK Muhammadiyah 3 Ambulu, SMK 1 Pancasila Ambulu, SMK Ad dimyati  Jenggawah,  SMK 01 Diponegoro Wuluhan.

Hadir sebagai pemateri Diklat yang digelar pada  Sabtu-Minggu, tanggal 7-8 September 2019 di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu diikuti  170 siswa yaitu  dari KSR PMI Unit Markas PMI Jember dan dari KSR PMI Unit Universitas Islam Malang’. Tambahnya

Menurut fasilitator PMI Kabupaten Jember Dermawan, bahwa tujuan ini sebagai upaya mengimplementasikan  7 prinsip gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yakni Kemanusiaan (Humanity),  Kesamaan (Impartiality), Kenetralan (Netrality), Kemandirian (Independence), Kesukarelaan (Voluntary Service),  Kesatuan (Unity), dan Kesemestaan (Universality),

“Selain itu kegiatan juga bertujuan menerapkan Tri Bhakti PMR, Pertama, Meningkatkan keterampilan hidup sehat, Kedua,  Berkarya dan berbakti di masyarakat, dan  Ketiga, Mempererat Persahabatan Nasional dan Internasional”. Jelas pria yang akrap disapa Dede ini.

Peserta Diklat ini  diikuti siswa kelas X dan IX dan wajib mengikuti rangkaian materi ruang dan lapang (simulasi) sebagai prasyarat kelulusan menjadi anggota baru, untuk peserta kelas X mendapatkan materi dasar diantaranya Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, KSB, Kesehatan dan Sanitasi.

Sedangkan kelas XI diberi pendalaman materi   Keorganisasian dan Administrasi yang bertujuan agar anggota PMR di wilayah distrik 3 Jember tidak hanya menguasai 7 materi pokok PMR, akan tetapi anggota PMR lebih memantapkan dibidang keorganisasian dan administrasi secara sistematis.

Kepala Sub Bidang SDM  PMI Jember, Elvana Kusdijanto saat dihubungi media ini Rabu (11/9/2019) menyambut baik atas suksesnya diklat  gabungan yang diikuti 7  lembaga  pendidikan berbeda, bahkan mungkin berbeda kesukuan, agama/kepercayaan, tingkatan, atau pandangan politik.

“Namun perbedaan tersebut dapat disatukan dalam satu wadah melalui  Diklat Gabungan  Palang Merah Remaja, harapannya seluruh peserta yang dinyatakan lulus dapat berproses dan mengabdi kepada  kemanusiaan sesuai prinsip-prinsip dasar Palang Merah dan Bulan sabit Merah”. tuturnya. (Hms)

Berita Terkait Pendidikan

No comments: