"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Thursday, 12 March 2020

Dandim Jember Disambut Upacara Ala Santri Saat Safari One day One Ponpes


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com.  Sambut Dandim 0824 Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin, ribuan Santri Pondok pesatren (Ponpes) Nurul Qarnain desa Balet Baru, kecamatan Sukowono menggelar Upacara bendera Ala Santri.

Dalam upacara safari Dandim One day One Ponpes, Kamis (12/3/2020) pagi, diikuti 1500 peserta, para santri putra mengenakan Sarung, berbaju putih lengan panjang dan menggunakan songkok putih, sedangkan santriwati berkerudung, berbaju putih lengan panjang dan Rok panjang.

Pengasuh Ponpes Nurul Qarnain KH.Yasid Karimulloh mengatakan kunjungan Dandim 0824 Jember dalam program One day One Ponpes ini bisa menjadi contoh serta tauladan kepada generasi muda penerus bangsa dan menunjukkan kerjasama baik antara Ulama dan Umaroh.

"Mari jaga NKRI, jangan terpecah belah karena perbedaan, kalau kita bersatu, Insyalloh negeri yang kita cintai ini tidak akan ada masalah." tutur kiai Yasid di halaman Ponpes, usai upacara yang didampingi Dandim, Kapolsek Sukowono AKP Subagio serta Camat Ribut Herlambang

Menurutnya bahwa Ponpes Nurul Qarnain ini, selain mengajarkan ilmu agama yang wajib ditekuni oleh para santri dan Santriwati, juga tidak lupa menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada para santrinya, namun tidak mengurangi kesantriannya.

Sementara Dandim La Ode ini  menjelaskan bahwa, Program One Day One Ponpes selain untuk bersilaturohmi ke sejumlah Ponpes, juga sebagai upaya pendekatan terhadap para Ulama guna terciptanya kekondisfan dan keamanan khususnya di Jember dan NKRI secara garis besar.

"Program ini Kami maksudkan agar selalu dekat dengan ulama dan para santri, terutama yang ada di Kabupaten Jember ini, sehingga kita dapat bisa bersama - sama menjaga negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini," terang La Ode

Kehadirannya, disamping guna untuk bersilaturahmi, juga untuk memberikan wawasan kebangsaan kepada mereka, sehingga dengan adanya kegiatan ini, para generasi penerus bangsa ini mempunyai tekad bulat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang kita cintai ini.

Dalam kesempatan itu, mantan Dandim 0831 Surabaya timur ini berpesan, agar para santri bersungguh - sungguh belajar di pondok pesantren, sehingga dapat menjadi generasi muda yang tangguh, berbudi luhur dan membanggakan orang tua, Agama serta Negara.

Usai acara, Dandim Lulusan Akademi militer (Akmil) tahun 2000 itu melanjutkan kunjugannya  ke Ponpes Roudlatul Ulum di desa Sumberwringin yang jaraknya berkisar 4 Km, di Ponpes Roudlatul Ulum Dandim ditemui pengasuh Ponpes KH. Mishbah Umar dan beberapa Ustat. (yud/eros).

Berita Terkait Sosial Budaya

No comments: