"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Sunday, 8 March 2020

Jaga Lingkungan, Karang Taruna Artis Lepas 20 Ribu Ikan ke Sungai


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com - Guna menjaga lingkungan, Karang Taruna Artis melepas sekitar 20 ribuan ikan jenis lele, gurami, nila, tombro, bawal, nilem dan ikan mas ke sungai di Desa Tisnogambar, Kecamatan Bangsalsari, Jember, Minggu 8 Maret 2020.

Pelepasan ribuan ikan ini, diinisiasi oleh Karang Taruna Artis, akronim dari Arek Tisnogambar untuk melestarikan ikan di perairan sungai yang selama ini hampir punah lantaran ditangkap dengan cara diracun.

"Dilepasnya ikan-ikan ini, diharapkan dapat dijaga bersama, tidak menggunakan cara-cara yang dilarang seperti setrum atau pun diracun," ujar Sekretaris Karang Taruna Artis, Hasbullah kepada Publis.id usai pelepasan ikan.

Bila nanti sudah besar, sambung Hasbul, sapaan akrabnya, dapat ditangkap dengan dipancing agar tetap lestari dan ikan yang kecil-kecil tidak ikut mati.

"Dengan demikian, masyarakat tidak perlu membeli ikan sebab cukup memancing saja, sudah bisa mendapatkan jenis ikan sebagaimana yang dijual di pasaran," terang Hasbul.

Disamping mengkonsumsi ikan menyehatkan, kata Hasbul, cara ini juga dapat menghemat pengeluaran ibu rumah tangga, "Ke depan, semoga bisa Karang Taruna Artis, bisa membuat kegiatan lagi yang bermanfaat bagi masyarakat," harap Hasbul.

Agenda pelapasan ikan seperti, akan dilakukan Karang Taruna Artis sebagai agenda tahunan. Pembiayaannya, dari kas Karang Taruna dan sumbangan dari masyarakat Tisnogambar.

Kepala Desa Tisnogambar, Hendrik Setyawan merasa bangga dengan kehadiran Karang Taruna Artis yang turut memberikan sumbangsih kepada masyarakat, "Semoga ke depan semakin baik," ucap Hendrik

Acara pelepasan ikan ini, diikuti seluruh RT, RW, tokoh masyarakat serta Karang Taruna se-Kecamatan Bangsalsari. Selain itu, turut juga mengundang Bupati Jember, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan dan Camat Bangsalsari. Tapi, semuanya berhalangan hadir lantaran fokus ke bencana ambruknya Ruko Jompo. (RF)

Berita Terkait Lingkungan

No comments: