"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Saturday, 21 March 2020

PMI Jember Kerahkan Dua Bus Donor Darah Hindari KLB Stok Darah


Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com - Mengantisipasi dampak dari penyebaran virus corona, PMI Kabupaten Jember tidak ingin terjadi kejadian luar biasa (KLB) karena stok darah berkurang akibat pendonor berkurang. Sebab adanya himbauan untuk tidak berkumpul banyak orang.

Selama ini, PMI Kabupaten Jember mengandalkan kegiatan donor darah sukarela yang dilakukan tim mobil unit UDD PMI. Kegiatan ini dipastikan selalu mengumpulkan banyak orang. Untuk itu, PMI membuat terobosan dengan menerjunkan dua unit bus donor darah.

1 bus donor beserta petugas PMI keliling untuk jemput bola pendonor di kampus, mall sesuai jadwal, dan 1 unit bus donor darah ditempatkan di halaman masjid Jami' Al Baitul Amien setiap hari selama satu bulan kedepan terhitung sejak tanggal 21 maret 2020.

Kebijakan ini diambil sebagai upaya menjaga stabilitas stock darah, selain itu petugas PMI akan melakukan pemeriksaan awal seperti pengecekan Suhu tubuh, tekanan darah dan HB sebelum mendonorkan darahnya untuk memastikan kondisi pendonor sehat.

Kepala UDD PMI Kabupaten Jember dr. Dudung Ari Rusli menghimbau kepada masyarakat sebelum menyumbangkan darahnya harus menjaga pola hidup bersih dan sehat, " yang paling utama untuk menghadapi wabah corona, memang selalu menjaga kesehatan, cukup makan/minum, istirahat, karena obat covid 19 sampai saat ini hanya sistem immun kita", terangnya.

"Perlu dipahami bersama dan kami tegaskan bahwa virus corona tidak ditularkan melalui donor atau transfusi darah, jadi silahkan donor darah atau pasien mendapat transfusi darah, tidak perlu takut untuk donor", kata dokter Dudung.

Sementara, E.A Zaenal Marzuki mengambil kebijakan strategis untuk menghindari kekosongan stock darah, Dua unit bus Donor Darah PMI Kabupaten Jember dikerahkan, buka layanan donor darah keliling dan di halaman masjid besar Baitul Amin selama satu bulan hingga 20 April mendatang, setiap hari sabtu dibuka pukul 18.00-21.00, minggu dibuka 06.00-10.00, untuk hari senin-jum'at layanan donor dibuka pukul 09.00-12.00 Wib," Tutur E.A Zaenal Marzuki.

Selain itu, untuk memenuhi protokol pencegahan penularan covid 19, PMI akan menerapkan metode baik pengaturan ruangan dan akan mengoptimalkan R2 Emergency bloodjet untuk ambil sampel darah pasien dan mengantarkan darah ke rumah sakit di seluruh kabupaten Jember, langkah ini akan dilaksanakan semua, semoga besok sudah bisa dilaksanakan," tambah Ketua PMI Kabupaten Jember.

"hari ini sabtu 21/3, kegiatan donor darah dihalaman masjid Baitul Amin sudah dimulai, alhamdulillah hari pertama berhasil menghimpun 9 kantong dan yang tertolak sebanyak 11 relawan pendonor karena tensi dan HB rendah," tambahnya. (RF/Eros)

Berita Terkait Kesehatan

No comments: