Translate

Iklan

Iklan

RSD dr Soebandi Jember Luncurkan Aplikasi “SoeMad” Deteksi Covid-19

5/11/20, 20:54 WIB Last Updated 2020-06-02T07:24:30Z
Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Guna memudahkan proses pendaftaran dan meminimalisir antrian di rumah sakit dan mendeteksi penyebaran Covid-19. RSD dr. Soebandi luncurkan aplikasi Soebandi Mobile Admission (SoeMad)

Peluncuran ini kali ketiga guna menyosialisasikan aplikasi SoeMad. Awal sosialisasi pada Januari 2020 lalu. Demikian disampaikan  Wakil Direktur SDM dan Pendidikan, drg. Arief Setioargo, SH., MH., M.Kes., saat pelumcuran di ruang lobi RS. Soebandi Jember, Senin, (11/5/2020).

Perangkat ini awalnya, lanjut drg Arif, sebenarnya digunakan untuk pendaftaran pasien rawat jalan secara daring.  Sehingga petugas RS Soebandi bisa mengatur jam kunjungan, agar pasien tidak menumpuk terutama pada jam jam tertentu. 

Namun, sebagai rumah sait rujukan covid-19, maka pada saat pendaftaran secara daring akan muncul tahap penapisan (screening) Covid-19. Dengan tambahan penapisan itu, akhirnya aplikasi SoeMad ditambah modul penapisan epidemiologi untuk kasus covid-19 secara daring.

Menurut Arief, saat ini tidak lagi bebas keluar masuk rumah sakit. Pengunjung pun tidak lagi boleh bergerombol.  “Jadi salah satu upaya pencegahan covid-19, agar kita mengetahui pasien ini, ODP, OTG, atau PDP, maka harus di-screening epidemiologi terlebih dahulu,” terangnya.

Aplikasi ini bisa diunduh di play store, kemudian registrasi dengan memasukan NIK dan nomer ponsel. Satu NIK bisa untuk sekeluarga. Untuk mengetahui gejala covid-19 pada pasien, aplikasi SoeMad memberikan pertanyaan. Seperti apakah demam, batuk, pilek, asma, dan lainnya.

Usai menjawab, muncul hasilnya, pasien masuk kategori OTG, ODP, PDP, dan lainnya. Sebaliknya, jika tidak masuk dalam kategori itu maka semua klinik/poli akan muncul sebagai pilihan mendaftar. “Kemudian bisa menyesuaikan tanggal dan jam antri atau datang ke poli tersebut,” ungkapnya.

Pihak RSD dr Seobandi berharap semua masyarakat dapat menggunakan aplikasi ini. “Paling tidak, aplikasi ini bisa membantu dan mengetahui peta sebaran covid-19, Selain itu, aplikasi ini dapat memudahkan Satgas Covid-19 terus memantau persebaran Covid-19 di Jember. (eros).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • RSD dr Soebandi Jember Luncurkan Aplikasi “SoeMad” Deteksi Covid-19

Terkini

Close x