"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Thursday, 23 July 2020

Hewan Kurban Di Bondowoso Dijamin Sehat

Bondowoso, MAJALAH-GEMPUR.Com. Dinas Pertanian (Disperta) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso memastikan kondisi hewan kurban dalam keadaan sehat.

Pihaknya mengaku sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dengan meningkatkan kegiatan pemantauan terhadap persebaran hewan kurban. Hal itu sudah menjadi kegiatan rutin yang mereka lakukan setiap menjelang hari raya Idul Adha.

“Berdasar pengalaman tahun lalu, sapi dan kambing potong Bondowoso banyak dikirim ke daerah lain, sehingga sebelum dibutuhkan, pemeriksaan kita awali”, Jelas Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan, Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan (P2HP), Cendy Herdiawan

Diakuinya masih ada para pedagang belum keluar, “Kami terus jemput bola lapak-lapak hingga hari tasrik. “Hewan sudah diperiksa diberi label sebagai jaminan keamanan bahan pangan asal hewan untuk masyarakat," ujarnya, saat ditemui di kantor Dinas Pertanian Kamis (23/7/2020).

Pihaknya telah mengumpulkan dokter dan menteri hewan untuk terlibat. "Petugas kami di seluruh kecamatan sudah dibekali dengan surat dari Dinas Pertanian untuk menyampaikan ke Camat dan mereka kita himbau untuk mencari titik-titik penjualan hewan kurban," paparnya.

Pemeriksaannya dengan antemortem hingga postmortem (sebelum dan setelah dipotong). "Jadi tidak hanya secara visual hewan itu dalam pemeriksaan fisiknya kelihatan sehat, tapi setelah dipotong kita jeroan, dagingnya periksa,  apakah layak dipotong atau tidak." terangnya. (edi).

Berita Terkait Kesehatan

No comments: