"Majalah Gempur Online kini hadir di Aplikasi Play store atau Google play. Untuk berlangganan berita-berita terbaru kami, silahkan download Aplikasi ini: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.majalahgempur"

Thursday, 24 December 2020

Harga Sayuran di Jember Melonjak, Cabai Naik Hingga 100 Persen

Jember, MAJALAH-GEMPUR.Com. Jelang Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, harga Cabai dan sayuran di pasar Tanjung Jember mengalami kenaikan cukup Signifikan, hingga 100 persen.

Harga Cabe rawit  Rp. 50 ribu, dari  sebelumnya Rp. 25 ribu / kg. Untuk Cabe merah besar Rp. 60 ribu dari sebelumnya Rp 40 ribu. ”Kenaikan sudah berlangsung selama tiga hari”. Tutur Salah satu pedagang pasar tanjung Ninik  saat di temui di lapaknya. Kamis (24/12/2020)

Menurut Ninik, kenaikan bukan hnay terjadi untuk cabe saja, tetapi juga terjadi pada sayuran lainnya, seperti sayuran Sawi, Dari harga sebelumnya perbendelnya hanya seharga 3 Ribu rupiah, sekarang harganya mencapai 6 Ribu Rupiah.

Disamping itu kenaikan juga terjadi pada daging Ayam potong, sebesar 2.000  hingga 3.000 rupiah. Dari harga 21.00 atau 22.000 sebelumnya kini menjadi Rp. 34.000. Harga kacang panjang awalnya 4 ribu sekarang 6 ribu. Sementara untuk harga Telur hingga 26 ribu rupiah.

Ninik mengaku kenaikan itu berdampak pada pendapatan. "Kondisi itu sangat berdampak sekali pada pendapatan, soalnya pembeli itu suka membanding-bandingkan harga, antara harga pedangang yang satu dengan harga di pedagan yang lainnya,"tuturnya

Kenaikan harga tersebut, juga dipicu musim hujan beberapa bulan ini, sehingga sayuran petani rusak. Sehingga berakibat pasokan Sayuran serta Cabe ke pasar berkurang. "Kan musim hujan, jadinya banyak tanaman sayuran milik petani  rusak dari," Ucapnya

Meski demikian kata Ninik, tidak semua sayuran mengalami kenaikan, terdapat pula beberapa sayuran yang masih tergolong normal yakni bawang merah dan bawang putih." Kalau bawang merah dan putih masih normal, sekitar 30 ribuan lah per Kg." Tandasnya (Naw)

Berita Terkait Ekonomi Bisnis

No comments: